Sejumlah Seleb Terganggu Ikoy-ikoy, Arief Muhammad Minta Maaf

tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/08/2021 10:14 WIB
Ikoy-ikoy pertama kali dipopulerkan oleh selebgram sekaligus content creator Arief Muhammad, di mana istilah tersebut merujuk pada aktivitas bagi-bagi hadiah. Arief Muhammad populerkan istilah ikoy-ikoy sebagai momen bagi-bagi hadiah (Foto: CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia --

Istilah ikoy-ikoy ramai dibincangkan di media sosial beberapa hari ke belakang, sehingga mengundang tanya sejumlah netizen tentang apa itu ikoy-ikoy.

Ikoy-ikoy pertama kali dipopulerkan oleh selebgram sekaligus content creator Arief Muhammad, di mana istilah tersebut merujuk pada aktivitas bagi-bagi hadiah.

Seorang netizen atau follower mengirim direct message atau DM pada Arief mengutarakan kebutuhan mereka, yang terpilih akan dikabulkan permintaannya.


Ikoy sendiri merujuk pada nama asisten Arief, Rizqi Fadhilah. Ia adalah sosok yang biasa memproses bantuan atau pemberian untuk follower Arief.

Isitlah ikoy-ikoy menjadi trending, sehingga netizen menyerbu instagram Arief. Waktu berjalan, serbuan meluas ke selebgram dan selebriti lain.

Sejumlah seleb mengaku tiba-tiba ditagih 'ikoy-ikoy' atau hadiah melalui direct message, di antaranya penyanyi Andien Aisyah.

"Oh ok, sekarang sedikit banyak sudah ngerti ikoy-ikoyan. Dan karena Arief Muhammad sudah repost jadi semacam mesti banget nih ke gue yak," tutur Andien melalui instagram story, Senin (2/8).

Permintaan pun tak melulu yang bernilai tinggi, misalnya mainan, otak-otak, sandal, hingga buku-buku edukasi anak. Momentum 'ikoy-ikoy' juga dimanfaatkan untuk mempromosikan produk-produk dagang.

Aktris Nafa Urbach pun tak terhindar dari sasaran netizen yang haus hadiah. Nafa membuka kesempatan bagi followersnya untuk meminta hadiah untuknya.

"Oh ya sudah boleh deh ikutan koi koi, aku mainnya isi gopay sama shopee pay aja kali yah. So, besok kita pilih 5 orang," tulis Nafa di akun instagram pribadi.

[Gambas:Instagram]

Nafa akhirnya memilih beberapa netizen yang meminta hadiah, salah satunya akun yang menyebut butuh dana untuk membelikan anak seragam sekolah.

"Kepengen ikutan kak, cuma pengen belikan anak seragam sekolah karena udah pada sobek dan tiap pulang sekolah selalu nangis," tulis salah satu akun yang kemudian terpilih menerima hadiah.

Ada juga seleb yang lama-lama merasa terganggu dengan permintaan ikoy-ikoy yang terus berdatangan, salah satunya selebgram Rachel Vennya.

"Ini yang namanya ikoy kupingnya panas gak sih seharian isinya IKOY SEMUA. Bener-bener ya kerjaannya influencer ini @ariefmuhammad," tulis Rachel di instagram story.

Aktris Nana Mirdad bahkan menyebut tren ikoy-ikoy ini tak mencerminkan nilai baik, melainkan menunjukkan mental minta-minta tanpa usaha.

"Maaf kalau aku mengecewakan enggak ikut ikoy-ikoyan, tapi setiap orang punya cara berbeda-beda untuk memberi." ujar Nana di Instagram Story, Senin (2/8).

"Ayo masyarakat Indonesia jangan punya mental minta ini minta itu ke orang," lanjutnya.

Merespons banyaknya seleb yang terganggu dengan tren minta ikoy-ikoy, Arief Muhammad sebagai yang memulai tren mengungkapkan maaf. Hal tersebut disampaikan dengan mengutip sindiran Rachel Vennya.

"Rachel, dan mungkin sekalian ngomong ke temen-temen lain yang ditagihin followersnya untuk ikoy-ikoyan, gue minta maaf ya." ujar Arief melalui instagram story, Senin (2/8).

"Di sini enggak pernah nyuruh orang untuk nagih ke artis/influencer favoritnya. Jadi kalau kalian keganggu, maafin ya," lanjutnya.

(tim/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK