Jabaran 'Genius' yang Tersemat di Diri Ahmad Dhani

CNN Indonesia | Minggu, 19/09/2021 12:15 WIB
Dhani kerap disebut sebagai musisi yang genius, baik dari caranya membuat musik begitupun menjalankan bisnis musik. Dhani kerap disebut sebagai musisi yang jenius, baik dari caranya membuat musik begitupun menjalankan bisnis musik. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kata 'genius' kerap terucap kala orang ditanya tentang sosok Ahmad Dhani, apalagi bicara soal musik.

"Dhani itu genius. Itu di atasnya pintar," ucap Vina Panduwinata, sebagai musisi yang usianya di atas Dhani.

"Untuk di musik, yang pasti (Ahmad Dhani) jenius," kata Yura Yunita, penyanyi dan penulis lagu yang jauh lebih muda dari Dhani.


Lantas bagaimana kegeniusan Ahmad Dhani diartikan?

Yura melihat detail-detail yang diperhatikan Dhani dalam memproduksi musik sebagai bukti dari predikat genius yang ia semat. Hal itu dialami langsung oleh Yura ketika workshop menyanyikan ulang lagu Dewa 19.

Aransemen lagu Risalah Hati yang akhirnya dinyanyikan oleh Yura digarap langsung oleh sang empunya lagu, Ahmad Dhani.

"Detail instrumennya, kecil-kecil, tidak terasa tapi itu sangat berarti," tutur Yura menggambarkan masa produksi Risalah Hati.

"Ada kayak unsur elektronik kayak Bjork nya gitu juga, ada yang ternyata selalu dipakai oleh Dewa 19" ujar Yura.

Beda dengan Vina Panduwinata yang lebih menyoroti soal prinsip berkesenian. Dhani dinilai bebas dan jujur pada diri sendiri dalam berkarya bersama Dewa 19.

"Jujur banget dalam berkarya. Gue mau bikin ini, bikin itu, apa kata orang terserah." begitu Vina menggambarkan sosok Dhani.

Tak hanya soal musik, kegeniusan Dhani di mata Vina dilengkapi kemampuan Dhani untuk menjalankan bisnis musik.

Dhani seringkali menunjuk sosok komposer senior Addie MS sebagai musisi yang menginspirasinya. Rupanya, Addie MS juga mengaku kagum pada karya-karya Dhani.

[Gambas:Youtube]

Sambil mengisahkan awal pertemuannya dengan Dhani di masa lalu, Addie MS menggunakan lagu sebagai pintu masuk untuk mengelaborasi kekagumannya pada Dhani.

"Lagunya utuh," tutur Addie.

Addie MS tidak melihat lagu-lagu yang diciptakan dan diproduksi Dhani hanya 'menjual' di satu dua bagian saja. Setiap bagian dari musik Dhani diibaratkan sebagai bangunan yang utuh.

"Bagaimana (Dhani) membuat prolog, interlude, intro dan outro."

"Pastinya dia juga melakukan pengarahan pada penyanyi untuk bagaimana menjiwai dan segala macam. Lirik-liriknya juga." tutur Addie.

Dhani disebut dapat mengarahkan penyanyi dengan penjiwaan yang ia harapkan ada pada lagunya. Ia kemudian disebut sebagai musisi yang adaptif, terhadap genre dan terhadap zaman.

Simak makna kegeniusan Dhani oleh pengamat di halaman berikutnya..

Adaptif, Mampu Berkompromi dengan Idealisme

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK