Memahami Kemelut Hak Cipta di Kisruh Indro Warkop vs Warkopi

CNN Indonesia | Selasa, 21/09/2021 17:15 WIB
Pakar hukum menjabarkan mengapa kisruh Indro Warkop DKI dan Warkopi menyeret keruwetan hak kekayaan intelektual alias hak cipta. Pakar hukum menjabarkan mengapa kisruh Indro Warkop DKI dan Warkopi menyeret keruwetan hak kekayaan intelektual alias hak cipta. (Arsip CNN Indonesia dan Arsip Manajemen Warkopi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kekisruhan yang terjadi antara Indro Warkop dan grup mirip Warkop DKI, Warkopi, menyeret perihal hak cipta. Indro sebagai satu-satunya anggota tersisa dari Warkop DKI menuding Warkopi telah melanggar hak kekayaan intelektual grup legendaris tersebut.

"Mungkin kalau kami tidak dilindungi hak kekayaan intelektual enggak apa-apa, atau datang ke kami 'gini-gini' okelah. Tapi mereka seolah-olah jadi grup kami dan berakting seolah-olah kami," kata Indro saat jumpa media yang digelar Lembaga Warkop DKI kemarin (20/9).

Hak kekayaan intelektual yang dibahas oleh Indro diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta (UU Hak Cipta). Dalam UU itu dijelaskan bahwa hak cipta merupakan bagian dari kekayaan intelektual yang memiliki objek dilindungi.


Menurut UU tersebut, seni beserta turunannya menjadi salah satu objek yang dilindungi. Dalam hal ini, kata praktisi hukum Noviar Irianto, hak cipta yang disinggung Indro merujuk dan berawal dari film-film Warkop DKI yang ia bintangi bersama mendiang Dono dan Kasino.

"Pemegang hak cipta dari sebuah film itu eksekutif produser. Kalau mau tahu siapa pemegang hak cipta film-film Warkop, lihat saja siapa eksekutif produser film itu," kata Noviar kepada CNNIndonesia.com, Selasa (21/9).

Kala itu produser eksekutif membeli film-film Warkop DKI secara putus. Artinya, aktor hanya mendapat bayaran satu kali tetapi film bisa ditayangkan berkali-kali. Oleh karena itu, aktor tidak mendapat royalti saat film Warkop DKI tayang ulang di televisi.

Namun situasi berubah kala UU Hak Cipta terbit. Noviar menyebut bahwa aktor berpeluang mendapat royalti dari film-film yang pernah diperankan.

Tepatnya lewat Pasal 1 nomor 5 soal hak terkait, yaitu hak yang berkaitan dengan Hak Cipta yang merupakan hak eksklusif bagi pelaku pertunjukan, produser fonogram, atau lembaga penyiaran.

"Pelaku pertunjukan ini kalau dalam film, aktor. Jadi yang dilindungi adalah hak terkait yang melekat pada aktor. Misalnya cara bicara, gaya jalan, pakaian dan lain-lain dari karakter yang diperankan aktor tersebut," kata Noviar.

Ia mengatakan orang yang memiliki hak terkait bisa mendapatkan hak ekonomi. Pasal 8 menyatakan bahwa hak ekonomi merupakan hak eksklusif pencipta atau pemegang hak cipta untuk mendapatkan manfaat ekonomi atas ciptaan.

Najwa Shihab , Akademisi Zainal Arifin Mochtar , Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Komedian Indro Warkop hadir dalam acara di kantor ICW untuk memberikan ide-ide atau pengalaman praktis dalam mendorong upaya pemberantasan korupsi yang efektif dan menuju Indonesia yang bebas dari korupsi. Jakarta, Kamis 11 Januari 2018. CNN Indonesia/Andry Novelino Indro sebagai satu-satunya anggota tersisa dari Warkop DKI menuding Warkopi telah melanggar hak kekayaan intelektual grup legendaris tersebut. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Salah satu hak eksklusif adalah hak ekonomi pelaku pertunjukan yang diatur dalam Pasal 23 (2). Pasal itu menyatakan ekonomi pelaku pertunjukan meliputi hak melaksanakan sendiri, memberikan izin, atau melarang pihak lain untuk melakukan sebagai berikut:

a. Penyiaran atau Komunikasi atas pertunjukan Pelaku Pertunjukan;
b. Fiksasi dari pertunjukannya yang belum difiksasi;
c. Penggandaan atas Fiksasi pertunjukannya dengan cara atau bentuk apapun;
d. Pendistribusian atas Fiksasi pertunjukan atau salinannya;
e. penyewaan atas Fiksasi pertunjukan atau salinannya kepada publik; dan
f. penyediaan atas Fiksasi pertunjukan yang dapat diakses publik.

"Hak inilah yang dipegang mas Indro di dalam Lembaga Warkop DKI. Atas hak itu, mereka bekerja sama dengan Falcon Pictures bikin film Warkop yang baru. Bukan film yang persis Warkop dulu, tapi menampilkan karakter yang dulu ada film itu," katanya.

Warkopi dinilai bisa tersangkut masalah, ada di sebelah..

Alasan Warkopi Terancam Bermasalah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK