RM BTS Bicara soal 'Harta Karun' di Industri Hiburan Korea

fby, CNN Indonesia | Kamis, 23/09/2021 21:00 WIB
RM BTS menyebut banyak seniman di Korea Selatan yang luput dari perhatian global, namun memiliki bakat dan potensi. RM BTS menyebut banyak seniman di Korea Selatan yang luput dari perhatian global, namun memiliki bakat dan potensi. (Foto: AP/John Angelillo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu member boyband BTS, RM mengatakan banyak seniman Korea hebat yang tidak mendapatkan perhatian luar negeri.

Hal tersebut disampaikan saat BTS di Amerika Serikat dan mengunjungi Museum Seni Metropolitan New York (The Met) pada Selasa (21/9).

"Budaya Korea K-budaya, seperti K-Pop, K-Drama, dan K-Movies, telah menjadi terkenal di banyak bidang. Tetapi banyak artis Korea yang hebat belum mendapatkan perhatian di luar negeri," kata RM seperti dilansir Soompi pada Kamis (23/9).


"Sebagai utusan Khusus Presiden untuk Generasi Masa Depan dan Budaya yang mewakili Korea, kami akan bekerja keras untuk menyebarkan kesadaran akan kebesaran budaya Korea dan potensinya," lanjut RM.

Pria bernama asli Kim Nam-joon tersebut juga mengatakan merasa terhormat sekaligus senang bisa memberikan karya seniman Korea kepada museum yang dibangun 147 tahun yang lalu.

"Sangat berarti bisa melihat pameran Korea di New York kota dimana orang dari seluruh penjuru dunia berkumpul dan kiblat seni. Saya lebih dari senang menjadi pencinta seni," ucap RM.

BTS mengunjungi The Met bersama ibu negara Korea Selatan Kim Jung-sook serta Hwang Hee, Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan Hwang-hee.

Dalam kunjungan tersebut, mereka memberikan hadiah khusus dari pemerintah Korea Selatan berupa karya seni bernama Rhythm of the Five Color Lustre, lima bejana pernis yang diwarnai berdasarkan lima elemen kosmologi Asia Timur.

Karya tersebut dibuat seniman pernis kontemporer Chung Haecho.

Rhythm of the Five Color Lustre karya Chung Haecho akan ditampilkan dalam pameran Museum Seni Metropolitan New York bertajuk Shell and Resin: Korean Mother-of-Pearl and Lacquer yang akan dibuka pada 13 Desember mendatang.

BTS juga menjadi utusan khusus Presiden Korsel untuk diplomasi publik dalam Sidang Umum PBB ke-76 yang berlangsung di New York, Amerika Serikat pada Senin (20/9) malam waktu Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, BTS membawakan "Cerita dari generasi masa depan".

(fby/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK