Reply 1988 Disebut Bakal Hilang dari Netflix Akhir Bulan Ini

tim, CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 12:30 WIB
Drama Reply 1988 di Netflix disebut hanya bisa disaksikan hingga 30 September mendatang. Drama tersebut akan hilang dari Netflix. Drama Reply 1988 di Netflix disebut hanya bisa disaksikan hingga 30 September mendatang. Drama tersebut akan hilang dari Netflix. (Foto: Dok. CJ E&M via IMdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Drama Korea populer Reply 1988 akan hilang dari layanan streaming Netflix setelah 30 September 2021. Artinya, penonton tak lagi dapat mengakses tayangan drama tersebut di Netflix.

Hal tersebut diperingatkan Netflix melalui aplikasi. Di laman depan drama tvN tersebut terdapat peringatan berakhirnya Reply 1988 di Netflix.

"Hari terakhir untuk menyaksikan di Netflix: 30 September," tulis keterangan tersebut.


Hal serupa juga dialami dua waralaba Reply lainnya, Reply 1994 dan Reply 1997. Ketiga drama tvN tersebut tak akan lagi bisa disaksikan di Netflix sejak 1 Oktober 2021.

Belum ada informasi resmi mengenai alasan akan hilangnya ketiga drama tersebut. Namun, Netflix melalui blognye menjelaskan tiga alasan umum sebuah tayangan hilang dari Netflix.

Alasan pertama adalah hak atau lisensi tayangan tersebut di Netflix sudah habis atau tidak lagi tersedia. Kedua, hasil megukur popularitas dan biaya linsensi tayangan. Alasan ketiga, tayangan yang dimaksud bersifat musiman.

Banyak di antara penonton setia drama Korea memulai dengan Reply 1988. Drama ini memang secara lengkap mencerminkan karakteristik Drakor, yaitu konflik percintaan, keluarga, dan adegan-adegan yang membuat hati nyaman.

Reply 1988 mengisahkan masa lalu dari sekelompok remaja yang tinggal di satu lingkungan. Sung Deok-sun (Hyeri) merupakan salah satu tokoh sentral, seorang gadis baik hati yang disayangi 4 sahabat prianya.

Keempat sahabat pria tersebut adalah Kim Jung-hwan (Ryu Joon-yeol), Sung Sun-woo (Ko Gyung-po), Choi Taek (Park Bo-gum), dan Yoo Dong-ryong (Lee Dong-hwi). Kisah cinta, persahabatan, dan konflik di dalam keluarga jadi rangkaian cerita manis.

Drama karya sutradara Shin Won-ho ini mendapat apresiasi di IMDb dengan rating 9,1. Di AsianWiki, drama produksi tvN ini dapat skor 92. Itu lah mengapa drama ini jadi salah satu rekomendasi Drakor untuk pemula yang tepat.

Reply 1988 membuat sejumlah nama bintang drama Korea populer dan dinanti di drama-drama selanjutnya, termasuk Hyeri Lee, Ryu Joon-yeol, dan Park Bo-gum.

[Gambas:Video CNN]

(tim/fjr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK