Murka Sutradara Reply 1988 di Balik Ribut Jung-hwan vs Taek

CNN Indonesia | Minggu, 08/11/2020 16:53 WIB
Sutradara Reply 1988 murka ketika banyak penonton 'gagal fokus karena hanya berpaku pada akhir kisah cinta segitiga antara Jung-hwan, Choi Taek, dan Deok-sun. Sutradara Reply 1988 murka ketika banyak penonton 'gagal fokus karena hanya berpaku pada akhir kisah cinta segitiga antara Jung-hwan, Choi Taek, dan Deok-sun. (Dok. CJ E&M via IMdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sutradara Reply 1988, Shin Won-ho, murka ketika banyak penonton "gagal fokus" karena hanya berpaku pada akhir kisah cinta segitiga antara karakter Jung-hwan, Choi Taek, dan Deok-sun.

Won-ho sempat menumpahkan amarahnya setelah melihat para pencinta Reply 1988 terlalu sibuk ribut siapa yang layak menjadi suami Deok-sun (Hyeri) ketimbang inti cerita sebenarnya.

"99 persen cerita [Reply 1988] adalah tentang keluarga dan hanya satu persen tentang cinta Deok-sun," katanya dalam acara diskusi Cable TV Employment Talk Concert pada Maret 2016 silam, seperti dikutip Nate.


Shin Won-ho kemudian mengatakan, "Namun, semua orang sepertinya fokus pada satu persen itu. Sebagian diri saya kesal. Sorotan yang ada hanya mengingat Jung-hwan menyuruh Deok-sun pulang ke rumah lebih cepat."

Salah satu adegan di Reply 1988.Salah satu adegan di Reply 1988. (Dok. CJ E&M via IMDB)

Dalam wawancara khusus dengan CNNIndonesia.com, pemeran Deok-sun, Lee Hyeri, sendiri menganggap wajar jika pada akhirnya penggemar terbelah dua kubu karena pembentukan karakter dalam Reply 1988 yang sangat kuat.

"Menurut saya, karena daya tarik dari karakternya besar, maka muncul penggemar-penggemar yang mendukung. Jadi menurut saya, itu hal yang positif. Karena antusiasme penggemar, kami di lokasi syuting juga jadi penasaran. 'Siapa ya yang jadi pasangan Deok-sun?'" katanya.

Ia kemudian berkata, "Sampai sekarang, masih ada rasa penasaran dan sedih dari para penggemar yang juga saya rasakan dari komentar para penggemar. Saya sendiri juga hidup sambil mengingat kenangan tersebut."

[Gambas:Video CNN]

Meski demikian, Shin Won-ho tetap ingin menekankan bahwa pesan utama dari drama Reply 1988 yang ingin disampaikan adalah tentang keluarga. Dia pun mengaku akan lebih senang jika penonton mengapresiasi soal kekeluargaan itu.

"Saya lebih nyaman kalau beberapa orang memberi tahu saya, 'Saya menikmati cerita Anda tentang keluarga.' Bukan malah alasan mengapa waktu syuting Jung-hwan berkurang," kata Shin Won-ho.

Shin Won-ho lantas membahas bahwa ia pernah menerima banyak protes soal porsi karakter Jung-hwan (Ryu Jun-yeol) yang dianggap berkurang pada beberapa episode terakhir.

Menurut keterangannya, tuduhan itu tidak benar karena ia dan tim produksi sudah berusaha keras membagi porsi tiap karakter secara adil. 

"Kami mencoba membagi waktu film antara 16 karakter seadil mungkin," katanya seperti dilansir Soompi.

Di sisi lain, dia mengungkap bahwa porsi karakter Jung-hwan memang sejak awal dibuat tidak dominan.

"Jelas jika Anda melihat naskahnya. Jung-hwan adalah satu-satunya karakter dalam Reply 1988 yang tidak memiliki rasa sakit. Dia memiliki segalanya," tutur Shin Won-ho.

"Jika Anda melihat episode awal Reply 1988, dia tidak punya banyak waktu di layar. Dia tidak pernah menjadi karakter dengan banyak porsi."

Reply 1988 memang berfokus pada kisah persahabatan lima remaja SMA dan keluarganya yang hidup bertetangga di Ssangmun-dong, distrik Dobong, Seoul bagian utara.

Reply 1988Reply 1988. (Dok. tvN via www.imdb.com)

Seperti judul serialnya, kisah ini berlatar pada 1988, saat Deok-sun, Jung-Hwan, Sun-woo (Ko Gyung-pyo), dan Dong-ryong (Lee Dong-hwi) masih berstatus siswa SMA, sementara Taek (Park Bo-gum) sudah menjadi pemain go atau baduk internasional.

Kelima orang ini telah berteman sejak mereka masih kecil. Mereka semua tumbuh bersama di lingkungan bertetangga. Keluarga mereka pun sangat dekat satu sama lain.

Mereka bergumul dengan berbagai masalah pribadi dan keluarga, tapi berupaya bertahan dengan saling membantu. Kehangatan ini menular pada para penggemarnya yang setia, sampai-sampai Reply 1988 menjadi drama Korea terlaris pada 2016.

(agn/has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK