Kontroversi Squid Game, Tuduhan Plagiat-Bocorkan Nomor Ponsel

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 09:15 WIB
Squid Game tersandung beberapa kontroversi setelah tayang pada 17 September, seperti dituding plagiat hingga membocorkan nomor telepon dan rekening. Squid Game tersandung beberapa kontroversi setelah tayang pada 17 September, seperti dituding plagiat hingga membocorkan nomor telepon dan rekening. (Arsip Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Squid Game menarik begitu banyak perhatian penonton dalam beberapa waktu terakhir. Serial Korea yang diarahkan Sutradara Hwang Dong-hyuk itu menguasai top 10 charts Netflix global, berdasarkan data platform analisis FlixPatrol.

Hal itu membuat Squid Game menjadi serial Korea pertama yang berhasil menempati posisi pertama daftar peringkat tersebut, mengalahkan Sex Education, Lucifer, dan Money Heist.

Di sisi lain, serial itu juga menarik perhatian karena beberapa hal yang berkembang menjadi kontroversi di kalangan netizen, mulai dari dituding plagiat film Jepang As The Gods Will, hingga yang terbaru adalah menggunakan nomor rekening asli tanpa izin.


Berikut beberapa kontroversi yang muncul setelah Squid Game tayang pada 17 September 2021.

1. Dituding Plagiat As the Gods Will

Tudingan ini muncul setelah penonton menyaksikan permainan pertama, Red Light Green Light. Sejumlah netizen menyatakan jalan cerita serta teknik pengambilan gambar dalam episode satu serial itu mirip dengan film Jepang, As The Gods Will.

Netizen menyoroti pengambilan gambar close-up robot boneka raksasa dalam Squid Game yang sedang berjaga dalam gim itu. Kemudian, adegan perhitungan mundur jam di tengah permainan.

Film As The Gods Will (2014) merupakan hasil adaptasi manga karya Muneyuki Kaneshiro dan Akeji Fujimura yang terbit dalam Bessatsu Shonen Magazine pada 2011-2012.

Sementara itu, Sutradara Hwang Dong-hyuk mengatakan mulai menyiapkan Squid Game, terutama untuk permainan pertama itu, sejak 2008. Naskah secara keseluruhan pun disebut selesai pada 2009.

"Setelah debut lewat My Father (2007), saya membawa banyak komik dan sangat tertarik dengan permainan bertahan hidup. Saya mencoba membuatnya dalam versi Korea," kata Hwang Dong-hyuk.

"Saya mulai coba membuat pada 2008 dan menyelesaikan naskah pada 2009," ucapnya seperti dilansir Korea Herald pada Kamis (16/9).

Kontroversi Squid Game bocorkan rekening dan nomor telepon di halaman selanjutnya...

Kontroversi Squid Game, Tuduhan Plagiat-Bocorkan Nomor Ponsel

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK