Satu Karakter di Squid Game Terinspirasi dari Donald Trump

tim | CNN Indonesia
Selasa, 12 Oct 2021 19:40 WIB
Sutradara Squid Game, Hwang Dong-hyuk menyebut bahwa salah satu karakter dalam serial tersebut terinspirasi dari eks presiden AS, Donald Trump. Sutradara Squid Game, Hwang Dong-hyuk menyebut bahwa salah satu karakter dalam serial tersebut terinspirasi dari eks presiden AS, Donald Trump. (Foto: AFP dan Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sutradara mengungkap bahwa cerita Squid Game terinspirasi dari situasi politik dan ekonomi global saat naskah serial tersebut ditulis.

Hwang Dong-hyuk, yang merupakan sutradara sekaligus penulis Squid Game menyebut salah satu karakter terinspirasi dari presiden ke-45 Amerika Serikat, Donald Trump.

Cara Donald Trump memimpin negara AS kala itu direpresentasikan Dong-hyuk seperti tokoh VIP bermain dalam Squid Game.


"Seperti dia (Donald Trump) menjalankan acara permainan, bukan negara, seperti membuat orang ketakutan." ujar Dong-hyuk, dalam sesi wawancara bersama Indie Wire, Minggu (10/10).

"Dia agak mirip dengan salah satu VIP di Squid Game," lanjutnya

VIP di Squid Game merupakan sekumpulan pria bertopeng yang hadir menyaksikan permainan mematikan yang dilakoni para peserta.

Mereka bertaruh pada permainan tersebut, dan memperlakukan para peserta bak objek taruhan pacuan kuda. Mereka menikmati momen-momen para peserta bersaing, mati, dan saling membunuh.

Selain Trump, Hwang Dong-hyuk juga menyebut bahwa kisah Squid Game diilhami dari kondisi ekonomi yang sulit, termasuk kondisi ekonomi dirinya saat itu (tahun 2008).

Secara global, krisis Lehman Brothers jadi pemicu ide cerita Squid Game. Lehman Brothers merupakan layanan keuangan global dan salah satu bank investasi terbesar.

Perusahaan tersebut bangkrut pada tahun 2008, dan hal tersebut memicu krisis ekonomi secara global.

Serial Squid Game sendiri mengisahkan sebuah organisasi menggelar permainan dengan hadiah menggiurkan, yaitu total sebesar 45,6 juta won Korea.

Orang-orang yang mengalami kesulitan ekonomi termasuk terlilit utang memutuskan untuk bergabung dan mempertaruhkan nyawa mereka.

Peserta yang gugur berarti mati. Sejumlah elit yang dinamakan VIP jadi bagian dari orang-orang yang menyaksikan permainan tersebut dan menjadi 'mafia' atas perputaran uang di sana.

VIP di Squid GameTokoh VIP di serial Squid Game (Foto: Arsip Netflix)

Squid Game kini menjadi salah satu serial paling populer di dunia. Di layanan streaming Netflix, Squid Game terpilih menjadi serial paling populer saat ini.

(tim/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER