Popularitas Squid Game Buat Sutradara Merasa Seperti BTS

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 13 Oct 2021 09:00 WIB
Sutradara Hwang Dong-hyuk berguyon merasa seperti BTS karena sambutan hangat dunia terhadap Squid Game, serial yang dipersiapkan 10 tahun. Sutradara Hwang Dong-hyuk berguyon merasa seperti BTS karena sambutan hangat dunia terhadap Squid Game, serial yang dipersiapkan 10 tahun. Foto: (dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sutradara Squid Game Hwang Dong-hyuk berguyon merasa seperti BTS akhir-akhir ini. Menurutnya, perasaan itu muncul setelah serial debutnya, Squid Game, mendapat sambutan begitu hangat dunia setelah dirilis.

"Saya merasa seperti telah menjadi BTS," ucap Hwang Dong-hyuk sambil tersenyum dalam wawancara bersama CNN beberapa waktu lalu.

Hal tersebut disampaikan beberapa hari sebelum Netflix resmi menobatkan Squid Game sebagai serial terlaris mereka. Beberapa hal dicapai serial tersebut sebelum resmi menjadi acara terpopuler di Netflix.


Pada Selasa (21/9) atau sekitar empat hari setelah dirilis, Squid Game dicatat sebagai drama Korea dengan skor tertinggi di layanan streaming itu dengan skor 562 poin.

Seperti dilansir Insight Korea, angka itu membuatnya menyalip serial Sweet Home yang juga ramai diperbincangkan pada akhir 2020.

Perolehan skor Squid Game kala itu juga mengalahkan serial Money Heist, salah satu serial populer di Netflix selama ini. Saat itu, Squid Game tepat berada satu posisi di belakang Sex Education.

Hingga pada Senin (27/9), Chief Content Officer (COO) Netflix Ted Sarandos mengatakan Squid Game berpotensi menjadi serial terpopuler sepanjang masa di Netflix. Ia menilai serial itu akan menjadi konten Netflix Original non-bahasa Inggris yang paling sukses.

"Sembilan hari setelah rilis, tren (serial Squid Game) masih berlangsung," ujar Ted Sarandos seperti yang dilansir laman Sports Kyunghyang pada Selasa (28/9).

Perhitungan dilakukan dengan dua kriteria yakni jumlah akun pelanggan yang menonton tayangan setidaknya selama dua menit, dan total waktu menonton selama 28 hari setelah drama atau film itu dirilis.

Hingga akhirnya pada Selasa (12/10) waktu AS, Squid Game resmi dinobatkan sebagai serial terlaris Netflix karena mengumpulkan 111 juta penonton dalam 17 hari atau lebih dari 100 juta penonton dalam 28 hari.

Angka tersebut membuat Squid Game berhasil menyalip Bridgerton yang sebelumnya mencetak rekor karena ditonton 82 juta akun dalam 28 hari penayangan setelah tayang jelang akhir 2020.

Sementara itu, BTS merupakan boyband asal Korea yang menjadi fenomena global belakangan ini. Sejumlah rekor dicetak, seperti yang terbaru adalah berhasil masuk Hall of Fame Guinness World Records 2022.

Berdasarkan catatan Guinness World Records, BTS disebut memiliki 23 catatan rekor dunia dalam beberapa waktu terakhir.

Beberapa rekor tersebut adalah menjadi grup yang musiknya paling sering diputar di Spotify. Hal itu membuat BTS menyalip Coldplay yang sebelumnya menjadi grup musik paling banyak diputar di layanan streaming tersebut.

Tak hanya itu, BTS juga menjadi grup musik dengan penggemar terbanyak di Instagram, dan menjadi grup musik yang paling sering dibicarakan di Twitter.

Bukti popularitas Squid Game di halaman sebelah...

Popularitas Squid Game Buat Sutradara Merasa Seperti BTS

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER