CERITA DI BALIK STUDIO

Kesabaran Dee Lestari Jadi Tutor Iwan Fals untuk Lagu Kinari

nly | CNN Indonesia
Sabtu, 16 Oct 2021 18:37 WIB
Dee Lestari mengaku gugup harus memandu Iwan Fals dalam produksi lagu Kinari, soundtrack untuk buku barunya berjudul Rapijali. Dee Lestari mengaku gugup harus memandu Iwan Fals dalam produksi lagu Kinari, soundtrack untuk buku barunya berjudul Rapijali. (Foto: Detikcom/Gusmun)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah menyelesaikan naskah novel Rapijali 3, Dewi Lestari atau yang lebih dikenal Dee kini sedang menggarap soundtrack untuk karya triloginya tersebut.

Rilisan pertama melibatkan musisi senior Iwan Fals, membawakan salah satu lagu 'book soundtrack' berjudul Kinari.

Ketika ditanya Dee tentang proses rekaman untuk soundtrack tersebut, Iwan Fals mengaku gugup. Pasalnya, Iwan membawakan lagu dengan nada-nada yang jarang dimainkan sebelumnya.


"Nada-nada kamu lumayan [sulit] buat saya, enggak terbiasa, saya tidak terbiasa, [tapi] kamu sabar juga ngasih tahu di studio, ada ketegasan itu, aku jadi tenang, kalau kamu diam aku malah bingung juga," ujar Iwan Fals saat live Instagram bersama Dee pada Jumat (15/10).

Dee kaget mendengar hal tersebut dan mengatakan justru dirinya yang gugup ketika menemani Iwan saat proses rekaman dilakukan.

"Enggak semua pencipta lagu nongkrongin artisnya pas rekaman, biasanya mereka cuma ngasih lagu aja, kalau saya di Rapijali ini bukan hanya nongkrongin saja, saya juga ikut nyanyi jadi backing vokal," ujar Dee.

"Tapi khusus sesinya sama mas Iwan saya yang gugup mas, sampai suami saya turun tangan, dia sampai bertanya ke Cikal gimana ya caranya ngomong ke ayah kamu kalau kita mau nge-direct gimana caranya," lanjutnya.

Saat mendengar hal itu, Iwan langsung berbalik memuji Dee yang tegas saat memberikan arahan. Alhasil proses rekaman bisa berjalan lancar.

[Gambas:Instagram]

"Justru aku senang banget kamu masih mempertahankan not [nada-nada] yang kamu bikin dari awal bersama Reza, saya sangat terbantu [dengan arahannya], memang harus belajar sebentar, walau saya sudah banyak belajar," ujar Iwan Fals.

Dee lalu mengatakan bahwa proses rekaman bersama Iwan Fals berlangsung cepat. Umumnya, Dee mengaku butuh waktu sekitar enam jam saat merekam sebuah lagu bersama artis lain.

"Mas Iwan ini rekamannya cepat, jadi waktu kami menyusun jadwal rekaman, Cikal, anaknya mas Iwan, ngasih tahu mulai dari jam 2 saja jadi sebelum magrib sudah beres, 'kok cepat amat', karena biasanya kami meluangkan waktu sampai enam jam atau lebih," ujar Dee.

"Dan benar kejadian, Mas Iwan nyoba dua kali, take satu, take dua, saya dan Trinity lihat-lihatan sudah 'bungkus' saja masukin kresek kayaknya ini sudah," tambahnya.

Simak respons Iwan Fals saat menerima materi lagu di halaman berikutnya..

Persiapan Iwan Fals Sebelum ke Studio

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER