Kru Film Rusia Kembali ke Bumi Usai Syuting di Luar Angkasa

CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 11:55 WIB
Kru film Rusia, The Challenge, dijadwalkan kembali ke Bumi pada Minggu (17/10) usai syuting di luar angkasa. Kru film Rusia, The Challenge, dijadwalkan kembali ke Bumi pada Minggu (17/10) usai syuting di luar angkasa. (AP/)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktris Rusia, Yulia Peresild dan sutradara Klim Shipenko dijadwalkan kembali ke Bumi usai menjalani syuting film The Challenge. Mereka menghabiskan waktu 12 hari syuting di International Space Station (ISS).

Mereka kembali ke Bumi pada Minggu (17/10). Sebelumnya, mereka berangkat menggunakan pesawat luar angkasa Soyuz MS-19 yang meluncur dari Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan pada Selasa (5/10).

Kedatangan kru film Rusia tersebut tidak berjalan tanpa hambatan. Ketika kru film berlabuh di ISS, astronot asal Rusia, Anton Shkaplerov harus beralih ke kontrol manual.


Saat pengendali penerbangan Rusia pada Jumat (15/10) melakukan tes pada pesawat ruang angkasa Soyuz MS-18 yang akan mengangkut awak kembali ke Bumi, pendorong kapal itu menembak secara tak terduga dan membuat ISS tidak stabil selama 30 menit.

Namun, seorang juru bicara NASA mengatakan kepada kantor berita Rusia, TASS, bahwa keberangkatan mereka diatur untuk berjalan sesuai jadwal. Mereka meninggalkan ISS pada Sabtu (16/10) dan mulai melepas dok pada pukul 01.00 GMT atau sekitar 08.00 WIB.

[Gambas:Video CNN]



Mereka digiring pulang oleh kosmonot Oleg Novitsky, yang telah berada di stasiun luar angkasa selama enam bulan terakhir. Dijadwalkan mereka mendarat di Kazakhstan pada Minggu (17/10) pukul 4.36 GMT atau sekitar 11.36 WIB.

Pendaratan mereka akan didokumentasikan oleh kru The Challenge dan juga akan ditampilkan dalam film tersebut.

The Challenge disebut sebagai film pertama yang melakukan proses syuting di luar angkasa. Jika proyek film ini tetap berjalan sesuai rencana, maka tim Rusia akan mengalahkan proyek Hollywood milik bintang Mission Impossible, Tom Cruise bersama NASA dan SpaceX milik Elon Musk.

Cerita film The Challenge sebagian besar masih dirahasiakan. Namun, film ini akan berpusat pada seorang ahli bedah wanita yang dikirim ke ISS untuk menyelamatkan seorang kosmonot.

Kosmonot asal Rusia, Anton Shkaplerov dan dua rekannya yang sudah berada di ISS disebutkan akan berperan sebagai cameo dalam film tersebut.

Konstantin Ernst, Co-Produser The Challenge mengatakan kepada AFP bahwa jika berhasil, film ini akan menambah daftar panjang yang pertama untuk industri luar angkasa Rusia.

A Russian Orthodox priest blesses the Soyuz MS-12 spacecraft at the launch pad of the Russian-leased Baikonur cosmodrome on March 14, 2019. - The launch of the Soyuz MS-12 spacecraft, with members of the International Space Station (ISS) expedition 59/60, NASA astronauts Christina Hammock Koch and Nick Hague and Russian cosmonaut Alexey Ovchinin onboard, is scheduled to take place from the Baikonur cosmodrome on March 14. (Photo by Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)Ilustrasi. The Challenge menjadi film pertama yang melakukan syuting di ISS. (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)

Sebelumnya, diketahui bahwa Soviet sempat meluncurkan satelit pertama Sputnik ke luar angkasa. Mereka juga mengirim hewan pertama, seekor anjing bernama Laika, pria pertama bernama Yuri Gagarin dan wanita pertama bernama Valentina Tereshkova.

Tetapi, dibandingkan dengan era Soviet, Rusia modern telah berjuang untuk memajukan industri luar angkasanya demi mendapatkan dana negara di saat pemerintah memprioritaskan pengeluarannya untuk militer.

Dalam upayanya, program luar angkasa Rusia berencana akan kembali menghidupkan rencana pariwisata petualangan berbayar ke ISS pada tahun ini. Sebanyak dua turis Jepang, termasuk miliarder Yusaku Maezawa, menjadi dua turis luar angkasa yang akan diterbangkan Rusia ke ISS pada tahun ini.

(fby/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER