Mengintip Seri Lukisan Megamendung Raden Saleh, Terjual Puluhan Miliar

Tim | CNN Indonesia
Sabtu, 04 Dec 2021 14:21 WIB
A View of Mount Megamendung adalah lukisan pertama seri megamendung Raden Saleh, dan ada lukisan lain dari seri sama yang telah terjual dengan harga fantastis. A View of Mount Megamendung adalah lukisan pertama seri megamendung Raden Saleh, dan ada lukisan lain dari seri sama yang telah terjual dengan harga fantastis. (Foto: Dok. Museum MACAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lukisan karya maestro lukis Raden Saleh dengan objek pemandangan Megamendung, Puncak, Bogor, laku terjual 2,2 juta euro atau sekitar Rp36 miliar di rumah lelang Daguerre, Paris bekerja sama dengan rumah lelang Jack-Phillipe Ruellan.

Lukisan bertajuk 'A View of Mount Megamendung' tersebut merupakan salah satu karya langka dari Raden Saleh yang dituangkan dalam kanvas besar berukuran 134 x 165,5 cm.

Lukisan megamendung tersebut telah dinyatakan asli karya Raden Saleh oleh Scalliet dan rumah lelang Jack-Phillipe Ruellan.


Hal tersebut terbukti dari tanda tangan asli pelukis bernama asli Raden Syarif Bastaman Saleh ini. Selain itu, terdapat tulisan 'Rade Saleh F/ Java 1861' berwarna merah di kanan bawah lukisan.

A View of Mount Megamendung adalah lukisan pertama dari seri Megamendung karya Raden Saleh. Namun, ada lukisan lain dari seri yang sama yang telah sukses terjual lebih dulu.

Adalah serial lukisan megamendung 'Mail Station at the Bottom of Mount Megamendung' karya Raden Saleh terjual senilai HKD 16,9 juta atau sekitar Rp31 miliar.

Lukisan dengan potret pemandangan tersebut terjual di Balai Lelang Christie's Hong Kong pada 2018. Mulanya, harga prediksi awal berada ditaksir sekitar Rp26 miliar sampai Rp38 miliar.

Sebelum dilelang, lukisan legendaris tersebut diketahui berada di tangan kolektor pribadi asal Singapura.

Lukisan pemandangan Raden Saleh ini disebut berbeda dengan lukisan-lukisan karyanya yang lain karena tidak tersedia pada acara pelelangan langsung.

Merujuk NationalGeographic, terdapat tiga versi dari lukisan Mail Station at the Bottom of Mount Megamendung.

Versi pertama dilukis oleh Saleh pada 1871 yang menunjukkan kantor pos bernama Tugu. Versi kedua dilukis pada lokasi dan waktu yang sama, namun menunjukkan pemandangan matahari terbenam dan hutan di Jawa pada akhir abad ke-19.

Sedangkan versi ketiga dibuat pada 1879 yang berhasil dilelang Rp31 miliar pada 2018 lalu.

Sementara itu, perwakilan Jack-Phillipe Ruellan, Delphine Kahl mengatakan karya pemandangan megamendung merupakan sebuah toponim atau bidang keilmuan linguistik yang membahas tentang asal-usul penamaan nama tempat, wilayah, atau bagian dari alam.

Lukisan yang dibuat pada 1861 itu juga menjadi tonggak sejarah dalam karya-karya Raden Saleh.

(fef/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER