Arti dan Peran Puisi Sapardi Djoko Damono dalam Film Yuni

CNN Indonesia
Rabu, 08 Des 2021 12:45 WIB
Puisi-puisi Sapardi Djoko Damono memiliki peran penting dan menjadi inspirasi dalam film Yuni yang tayang mulai 9 Desember 2021 di bioskop. Puisi-puisi Sapardi Djoko Damono memiliki peran penting dan menjadi inspirasi dalam film Yuni yang tayang mulai 9 Desember 2021 di bioskop. Foto: (dok. Fourcolors Films via YouTube TIFF)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sutradara Kamila Andini menghadirkan karya-karya terbaik mendiang Sapardi Djoko Damono dalam film terbarunya, Yuni. Kamila mengatakan puisi Sapardi Djoko Damono memiliki arti penting dalam film ini.

"Kenapa banyak puisi Sapardi Djoko Damono muncul di film ini, karena waktu itu saya berpikir puisi menjadi cara Yuni untuk melarikan diri, memiliki rasa "she" untuk dirinya sendiri," kata Kamila Andini dalam jumpa media beberapa waktu lalu.

Ia juga mengungkapkan terinspirasi puisi Hujan Bulan Juni dalam menentukan nama karakter utama filmnya, Yuni.


Hal itu berawal dari cerita asisten rumah tangganya bahwa di hari pernikahan anaknya yang masih muda itu turun hujan yang sangat deras dan membuatnya teringat dengan puisi tersebut.

"Itu tentang hujan yang jatuh tidak pada musimnya. Melihat Yuni, anak remaja yang harus dewasa sebelum waktunya, jadi langsung kepikiran Hujan di Bulan Juni, dan saya ingin nama karakternya Yuni," kata Kamila.

'Hubungan' Kamila Andini dengan karya-karya Sapardi Djoko Damono pun sudah terbangun jauh sebelum menyiapkan film Yuni, yakni ketika ayahnya, Garin Nugroho, membuat film Cinta dalam Sepotong Roti (1991).

Musisi Dwiki Dharmawan kala itu mengaransemen musikalisasi puisi Aku Ingin karya Sapardi Djoko Damono untuk menjadikannya lagu tema atau soundtrack film tersebut.

"Waktu itu saya masih kecil, sekitar usia lima tahun, waktu itu ada albumnya, dan kami sekeluarga sering dengar soundtrack itu di putar di mobil, dimana-mana," kata Kamila.

Sehingga, puisi-puisi Sapardi Djoko Damono disebut memiliki tempat spesial di hatinya. Sutradara kelahiran 1986 ini kemudian memilih sendiri puisi-puisi penyair tersebut yang ditampilkan dalam film Yuni.

Empat puisi Sapardi Djoko Damono ia pilih, adalah Yang Fana Adalah Waktu, Berjalan Ke Barat Waktu Pagi Hari, Aku Ingin dan Hujan Bulan Juni.

Film Yuni mengisahkan remaja bernama Yuni (Arawinda Kirana) dan remaja-remaja sebuah desa di Serang, yang dituntut menikah ketika masih bersekolah.

Mereka dipaksa menikah dengan banyak alasan mulai dari mencegah hamil diluar nikah yang dianggap membawa aib keluarga, hingga faktor ekonomi.

Yuni akan tayang perdana di bioskop Indonesia pada 9 Desember 2021.

[Gambas:Youtube]



(nly/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER