Alat Musik Harmonis: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

CNN Indonesia
Minggu, 23 Jan 2022 15:58 WIB
Selain melodis dan ritmis, juga terdapat alat musik harmonis. Berikut pengertian alat musik harmonis beserta fungsi dan contohnya. Selain melodis dan ritmis, juga terdapat alat musik harmonis. Berikut pengertian alat musik harmonis beserta fungsi dan contohnya. (Foto: Pixabay/FirmBee)
Jakarta, CNN Indonesia --

Alat musik terbagi menjadi tiga berdasarkan fungsinya, yakni alat musik ritmis, melodis, dan harmonis. Alat musik harmonis sendiri lebih banyak menghasilkan nada dibandingkan dengan jenis alat musik lainnya.

Berikut ini pengertian alat musik harmonis beserta contoh dan fungsinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tak bisa lepas dengan alat musik. Musik diperlukan sebagai salah satu sarana hiburan atau hal lainnya.


Dari berbagai macam alat musik yang ada di seluruh dunia, baik yang tradisional maupun modern, bisa diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yakni ritmis, melodis, dan harmonis.

Apabila dibandingkan dengan alat musik ritmis dan melodis, alat musik harmonis dimainkan untuk menciptakan harmoni pada musik atau lagu.


Pengertian Alat Musik Harmonis

Ilustrasi musik jazzPengertian alat musik harmonis (Ilustrasi Foto: Pixabay/schuetz-mediendesign)

Dihimpun dari berbagai sumber, alat musik harmonis merupakan semua alat musik yang bisa memproduksi minimal 3 nada atau lebih secara bersamaan untuk menghasilkan harmoni pada sebuah lagu.

Tak hanya dimiliki oleh alat musik modern saja, namun nyatanya beberapa alat musik tradisional Indonesia juga termasuk ke dalam golongan alat musik harmonis.


Fungsi Alat Musik Harmonis

Ilustrasi MusikFungsi alat musik harmonis (Ilustrasi Foto: FotoshopTofs/Pixabay)

Fungsi dari alat musik harmonis adalah untuk memainkan harmoni yang biasanya terdapat dalam sebuah lagu. Hal ini bertujuan agar musik semakin kaya dan berwarna.

Harmoni sendiri menjadi salah satu bagian dari 3 komponen musik yang keberadaannya sangat penting pada sebuah lagu, selain ritme dan juga melodi.

Yang perlu diketahui adalah semua alat musik harmonis termasuk juga ke dalam jenis alat musik melodis. Tapi sebaliknya, tidak semua alat musik melodis termasuk ke dalam jenis alat musik harmonis.

Contoh Alat Musik Harmonis Tradisional

Ilustrasi AngklungContoh alat musik harmonis tradisional (Ilustrasi Foto: Kamillo/Wikipedia)

Setidaknya terdapat 3 alat musik harmonis tradisional khas dari beberapa daerah di tanah air yang hingga kini masih mudah untuk ditemukan hingga kini.

Angklung

Tak hanya terkenal di dalam negeri saja, namun nyatanya angklung juga cukup populer hingga mancanegara.

Alat musik khas Jawa Barat ini terbuat dari bambu yang berbentuk silinder dengan jumlah 2 atau lebih dengan berbagai ukuran.

Bonang

Bonang merupakan salah satu alat musik tradisional khas Jawa yang terbuat dari bahan logam. Jika dilihat sepintas, bonang mirip seperti gong, hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil.

Bonang ini sendiri biasanya dimainkan bersamaan dengan alat musik lain dalam satu kesatuan berupa gamelan.

Sasando

Alat musik khas dari tanah timur ini sangat unik. Menggunakan bambu yang berbentuk silinder dan juga daun lontar yang dipadukan dengan senar atau dawai yang berjumlah 28 hingga 58.

Selain tiga contoh di atas, siter, kecapi, gambus, sampek, dan kolintang juga termasuk contoh alat musik harmonis tradisional lainnya.


Contoh Alat Musik Harmonis Modern

Ilustrasi pianisContoh alat musik harmonis modern (Ilustrasi Foto: Gabriel Gurrola/StockSnap)

Cukup banyak alat musik modern yang termasuk ke dalam alat musik harmonis, mulai dari alat musik tiup hingga petik.

Harpa

Meski tergolong alat musik petik, namun cara memainkan harpa ini cukup unik, dimana salah satu jemari menekan dawai dan jemari lainnya yang memetik dawai tersebut.

Piano

Piano menjadi salah alat musik yang sangat digemari hampir diseluruh dunia. Menariknya, piano ini bisa dimainkan tunggal lantaran banyaknya produksi nada yang bisa dihasilkannya.

Gitar

Alat musik petik ini seakan menjadi pengiring wajib yang ada di seluruh pertunjukan musik.

Memiliki 6 senar, gitar sangat fleksibel dan cocok untuk dipadukan dengan alat musik lainnya, termasuk juga alat musik tradisional.

Selain tiga contoh alat musik harmonis modern tersebut, suling modern atau recorder, harmonika, cello, saksofon, biola juga tergolong ke dalam alat musik harmonis.

Itulah pengertian alat musik harmonis beserta contoh, dan juga fungsinya.

(ahd)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER