Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Remy Sylado Usai Operasi Hernia

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 19 Jan 2022 10:15 WIB
Istri mengungkapkan Remy Sylado telah operasi hernia beberapa waktu lalu. Suaminya itu disebut masih membutuhkan sejumlah tindakan medis untuk pulih. Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Remy Sylado Usai Operasi Hernia (Foto: Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sastrawan Remy Sylado telah menjalani operasi hernia di RSUD Tarakan, Jakarta pada Selasa (18/1). Setelah proses operasinya berhasil dengan baik, kini Remy Sylado diharuskan beristirahat demi pemulihan.

"Puji Tuhan [operasinya] berjalan lancar. Sekarang sedang istirahat," kata istri Remy Sylado, Emmy Tambayong kepada CNNIndonesia.com.

Lebih lanjut, usai menjalani operasi hernia, Emmy mengatakan suaminya masih membutuhkan banyak tindakan lain agar benar-benar pulih.


"Ya masih banyak, stroke-nya belum dikerjakan," kata Emmy.

Hal yang sama juga dikatakan pendiri Teater Tanah air, Jose Rizal Manua. Ia mengatakan operasi hernia Remy Sylado berlangsung lima jam. Operasi itu menjadi tindak lanjut upaya pemulihan kesehatan Remy Sylado yang dikabarkan terus turun dalam beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya, kondisi kesehatan Remy Sylado disebut kembali menurun dalam beberapa hari terakhir. Namun, sastrawan tersebut hanya menjalani perawatan di rumah.

Namun kini, Remy Sylado dibawa untuk mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan. Hal itu dikonfirmasi Staf Pemprov DKI Naufal Firman Yursak.

"Alhamdulillah sudah dibawa ke RSUD Tarakan milik Pemprov DKI oleh dinkes atas arahan Pak Gub. Dirawat di kamar VIP," tulis Naufal Firman Yursak, Jumat (14/1).

Hal itu terjadi setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membesuk Remy Sylado. Ia memastikan biaya perawatan Remy Sylado ditanggung penuh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal itu disampaikan oleh pendiri Teater Tanah air Jose Rizal Manua.

Jose berkata Anies menjenguk Remy di kediamannya di Cipinang Muara, Jakarta Timur. Anies memastikan Remy mendapat perawatan VIP di Rumah Sakit Tarakan, Jakarta.

"Tadi Pak Anies bilang sekarang ditangani sama Pemprov DKI semua keadaan Bang Remy. Terus, tadi dirujuk ke RS Tarakan di VIP," kata Jose saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (14/1).

Remy Sylado telah lama mengalami sakit. Pada 2020, ia sempat diberitakan kritis akibat komplikasi yang dialami selama beberapa tahun terakhir.

Ketua Humas Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Evry Joe, kepada CNNIndonesia.com pada 2020 lalu menyebut pria bernama lengkap Yapi Panda Abdiel Tambayong itu kerap bolak-balik ke rumah sakit.

Menurut pihak keluarga kala itu, faktor usia Remy yang kini menginjak umur 75 tahun menjadi salah satu penyebab kesehatannya yang terus menurun.

Remy disebut mengalami infeksi pada ginjal, serta memiliki riwayat penyakit jantung juga tekanan darah tinggi.

(nly/chri)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER