Film Dokumenter Karier Kanye West Rilis di Sundance

CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 01:10 WIB
Film bertajuk jeen-yuhs: A Kanye Trilogy digarap dari 320 jam rekaman kehidupan Kanye West sejak awal kariernya. Film bertajuk jeen-yuhs: A Kanye Trilogy digarap dari 320 jam rekaman kehidupan Kanye West sejak awal kariernya. (dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah film dokumenter baru yang merekam beragam momen Kanye West secara candid tayang premier pada Minggu (23/1) di Sundance Film Festival.

Film yang merekam sejak awal kehidupan Kanye West itu rilis beberapa hari setelah rapper tersebut menuntut Netflix untuk mengizinkan dirinya mengedit ulang potongan terakhir film itu.

Bagian pertama dari film yang bertajuk jeen-yuhs: A Kanye Trilogy tersebut tayang secara streaming di Sundance, setelah festival itu berubah menjadi daring akibat pandemi.


Film itu fokus pada usaha awal Kanye West yang frustrasi beralih dari produser muda menjadi seorang rapper.

Dokumenter ini juga menunjukkan aksi West menyingkirkan pengikutnya ketika direkam kamera, marah ketika ditolak karena dia "tumbuh di pinggiran kota", dan berbagi momen hangat bersama mendiang ibunya, Donda.

Dalam unggahan di Instagram pada Jumat (21/1), Ye menulis bahwa dia "mesti melakukan edit final dan menyetujui dokumenter ini sebelum ini tayang di Netflix,". Film ini direncanakan rilis di Netflix pada 16 Februari.

"Membuka ruang edit segera sehingga saya bisa bertanggung jawab atas gambar saya sendiri," tulisnya dalam unggahan yang disukai 1,5 juta akun.

[Gambas:Instagram]



AFP menyebut Netflix tidak merespons permintaan tanggapan atas tuntutan West tersebut.

Dalam adegan pembuka film, West tampak melakukan panggilan telepon pada 2020 lalu. Ia meminta kontrak untuk menandatangani film tersebut, menunjukkan bahwa dia mungkin akan mempertimbangkan kembali persetujuannya itu.

Proyek ini dimulai dengan filmmaker Clarence 'Coodie' Simmons, yang mulai mengikuti temannya, West, dengan sebuah kamera di Chicago pada 2001. Gambar itu merekam rasa penasaran sejauh mana produser muda yang ambisius itu bisa melangkah.

Simmons mengumpulkan sekitar 320 jam rekaman selama rentang dua dekade.

lanjut ke sebelah..

HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER