CERITA DI BALIK LAYAR

Joko Anwar Ungkap Cerita di Balik Rumah Susun Pengabdi Setan 2

CNN Indonesia
Sabtu, 18 Jun 2022 20:09 WIB
Sutradara Joko Anwar mengungkap cerita di balik rumah susun yang menjadi lokasi utama syuting Pengabdi Setan 2: Communion. Sutradara Joko Anwar mengungkap cerita di balik rumah susun yang menjadi lokasi utama syuting Pengabdi Setan 2: Communion. (Foto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengabdi Setan 2: Communion akan memiliki latar tempat yang berbeda daripada film pertamanya. Untuk film sekuel ini, lokasi berfokus di sebuah rumah susun.

Joko Anwar selaku sutradara film tersebut mengungkap cerita di balik rumah susun yang menjadi lokasi utama syuting film tersebut.

"Rumah Susun ini terletak di Jakarta, dan sudah tidak ditinggali atau kosong selama lima belas tahun," kata sutradara Joko Anwar membuka ceritanya di sesi konferensi pers dan pemutaran trailer resmi Pengabdi Setan 2: Communion di Epicentrum XXI, Kamis (16/6).


"Ketika kita masuk, auranya sangat terasa kalau ini aura rusun Pengabdi Setan," imbuhnya.

Joko Anwar mengungkap rumah susun tua tersebut memiliki salah satu tempat terlarang yang terletak di lantai 7. Ia berkata bahwa tempat tersebut menyimpan cerita tersendiri yang enggan diungkap olehnya.

"Pernah ada satu orang yang masuk, dan sesuatu yang tidak enak kemudian terjadi. Tidak usah saya ceritakan detail karena takutnya nanti akan jadi sensasional," tambahnya berkelakar.

Joko Anwar kemudian menjelaskan jika pencarian lokasi rumah susun ini memakan waktu hingga empat bulan. Ia menjelajahi Jakarta hingga Bandung untuk mendapatkan lokasi yang tepat untuk film sekuel Pengabdi Setan itu.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pencarian lokasi syuting sama halnya seperti mencari aktor untuk memerankan karakter dalam film.

"Karena biasanya kalau kita cari lokasi tempat syuting itu bukan hanya sebagai lokasi tempat kita syuting, tapi juga sebagai sebuah karakter," ungkap Joko Anwar.

"Jadi pencarian lokasi itu sama dengan audisi kita mencari pemain. Kita akan mencari lokasi yang paling kuat karakternya dan akhirnya jatuh pada rumah susun ini," imbuhnya.

Pencarian lokasi syuting tidak membuahkan hasil selama empat bulan. Joko Anwar mengaku mendapatkan bantuan netizen untuk mencarikan lokasi yang tepat.

Akhirnya, bantuan dari netizen itu yang membuat Joko Anwar menemukan rumah susun yang tepat dan sekarang menjadi lokasi utama film tersebut.

"Informasi ini berasal dari salah satu followers saya. Dia sangat membantu sekali dan kami beri kredit khusus (special thanks) di film," kata Joko Anwar.

Kisah Pengabdi Setan 2: Communion akan memiliki set tempat di sebuah rumah susun. Joko Anwar berkata bahwa kesan ini membuat film terasa lebih mencekik dan mencekam.

Pengabdi Setan 2: Communion akan melanjutkan kesuksesan film pertama bertajuk Pengabdi Setan (2017). Film ini akan kembali disutradarai dan ditulis naskahnya oleh Joko Anwar.

Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Egi Fedly, dan Ayu Laksmi kembali ambil peran dalam film tersebut. Selain itu, ada beberapa pemain baru, seperti Ratu Felisha, Muzakki Ramdhan, hingga Kiki Narendra.

Pengabdi Setan 2: Communion akan tayang pada 4 Agustus 2022 di bioskop Indonesia.

[Gambas:Youtube]



(far/pra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER