Kronologi Pengakuan Marshanda Idap Tumor Payudara

CNN Indonesia
Jumat, 17 Jun 2022 12:20 WIB
Kronologi Marshanda mengungkapkan idap tumor payudara. Semua bermula pada 2021 ketika mengalami demam tinggi. Kronologi Marshanda mengungkapkan idap tumor payudara. Semua bermula pada 2021 ketika mengalami demam tinggi. Foto: (CNN Indonesia/Andito Gilang Pratama)
Jakarta, CNN Indonesia --

Marshanda belum lama ini mengungkapkan mengidap tumor payudara dalam siaran langsung di media sosial yang kemudian diunggah di akun YouTube miliknya akhir Mei lalu.

Dalam video tersebut, Marshanda mengaku siap menerima takdir. Di sisi lain, ia juga terus berusaha dan berdoa supaya sembuh.

Aktris bernama lengkap Andriani Marshanda itu kemudian menjelaskan lebih detail penyakit yang ia idap. Ia mengaku tahu memiliki tumor payudara setelah melakukan tes lab pada Agustus 2021 karena sempat demam tinggi.


Hasil tes lab itu kemudian diserahkan ke salah satu teman yang Marshanda sebut membuka klinik pengobatan alternatif untuk penyembuhan kanker dan HIV sejak 2000-an.

"Panasnya tinggi banget, 39,5 derajat Celcius, itu Agustus 2021, tapi aku enggak Covid-19, aku minta hasil cek darah," kata Marshanda dalam YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, Rabu (15/6).

"Dia baca hasil lab aku, dia nangis, dia enggak ngomong langsung tapi dia ngasih tahu aku 'Please, mulai sekarang lebih jaga diri karena ini angka-angka orang dengan kecenderungan kanker,' sumpah," kata Marshanda.

Marshanda kemudian melakukan pemeriksaan mandiri dan mendapat informasi ada daging tumbuh di payudara. Ia semula mengira daging tersebut hanya benjolan karena pengaruh hormonal semata.

Namun, benjolan di payudara itu dikonfirmasi sebagai tumor usai Marshanda melakukan tes USG pada Desember 2021.

"Dan di situ dibilang ada lebih dari dua tumor, ukurannya 2,1 cm, 2,4 cm, dan yang lain tidak kelihatan karena menyebar dan ukurannya kecil-kecil," kata Marshanda.

Bintang sinetron Bidadari itu pun sempat melakukan pemeriksaan ke Singapura beberapa waktu lalu. Namun, ia belum banyak cerita tentang hasil pemeriksaan itu, termasuk sifat tumor payudara yang ia idap.

Lanjut ke sebelah...

Pesan untuk Anak dan Ayah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER