Meracik Film Indonesia Terlaris

CNN Indonesia
Minggu, 03 Jul 2022 09:10 WIB
Sudah bukan hal yang asing lagi bagi film Indonesia ditonton oleh jutaan pasang mata. Tapi, apa racikan rahasianya? Sudah bukan hal yang asing lagi bagi film Indonesia ditonton oleh jutaan pasang mata. Tapi, apa racikan rahasianya? (Foto: MD Pictures via Twitter)
Jakarta, CNN Indonesia --

24 Juni 2019. Sebuah akun bernama @SimpleM81378523 di Twitter membuat sebuah utas panjang berjudul "KKN di Desa Penari". Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com hingga Sabtu (1/7), utas tersebut telah di-like lebih dari 201 ribu dan di-retweet lebih dari 75 ribu.

Kesuksesan utas cerita horor tersebut mengundang perhatian rumah produksi MD Pictures untuk diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar. Gayung pun bersambut. Singkat cerita, rumah produksi tersebut mulai syuting film KKN di Desa Penari, tapi mesti berkali-kali ditunda karena pandemi.

Pengamat film Satrio Pamungkas mengungkapkan ada satu alasan utama penonton pergi ke bioskop: membeli hiburan.

Maka, setidaknya ada tiga alasan yang membuat rumah produksi MD Pictures memutuskan untuk mengadaptasi utas viral KKN di Desa Penari menjadi film layar lebar. Produser MD Pictures Manoj Punjabi menjelaskan alasan KKN di Desa Penari laku di pasaran menurut Manoj, yaitu berdasarkan kisah nyata, viral, dan ceritanya dekat dengan masyarakat.

Manoj mengaku membuat film KKN di Desa Penari "mati suri" karena tidak ingin performa film tersebut gagal jika dipaksakan tayang di tengah pandemi. Ia masih ingin menggiring sebanyak mungkin penonton kembali ke bioskop untuk menyaksikan filmnya.

Akhirnya Manoj melihat kesempatan emas untuk menayangkannya jelang Lebaran 2022 saat melihat kondisi sudah membaik. Apalagi, selama hampir dua tahun, penonton tidak bisa menikmati film di layar lebar karena regulasi pemerintah dan beralih ke layanan streaming.

Hasilnya pun impresif. KKN di Desa Penari duduk di tahkta film Indonesia terlaris sepanjang masa setelah menoreh 9,2 juta penonton per Sabtu (1/7).

"Kalau film yang ada unsur realita dan relatable, itu punya potensi," jelas Manoj saat berbincang dengan CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

"Apalagi ceritanya asli, jadi itu, 'kan, bikin orang lebih tertarik," tambahnya.

Lanjut ke sebelah...

Momentum Emas KKN di Desa Penari

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER