Puluhan Teman dan Alumni SMA Bantah Nam Joo-hyuk Pelaku Bullying

Tim | CNN Indonesia
Selasa, 05 Jul 2022 12:50 WIB
Puluhan teman dan alumni membantah tudingan yang menyebut Nam Joo-hyuk adalah perundung semasa duduk di sekolah. Puluhan teman dan alumni membantah tudingan yang menyebut Nam Joo-hyuk adalah perundung semasa duduk di sekolah. (dok. Choi Yong-bin for Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Puluhan teman dan alumni SMA Suil membantah tudingan yang menyebut Nam Joo-hyuk adalah perundung semasa duduk di sekolah tersebut.

Dispatch pada Selasa (5/7) merilis hasil investigasi mereka terhadap rumor Nam Joo-hyuk melakukan perundungan seperti yang diberitakan The Days News dan Sports Kyunghyang, beberapa waktu lalu.

Dispatch mengaku mewawancarai 20 teman satu sekolah, termasuk guru, semasa Nam Joo-hyuk masih menempuh studi di sekolah tersebut.

Media Korea ini juga mengatakan telah berusaha untuk menghubungi The Days News dan Sports Kyunghyang guna mendapatkan kontak sumber mereka yang mengaku sebagai korban bullying Nam Jo-hyuk, tapi tak diberikan.

Dispatch menyebut bahwa mereka mempertanyakan kredibilitas sumber yang mengaku korban perundungan Nam Joo-hyuk tersebut lantaran berbeda dengan hasil temuan ini.

Seluruh sumber Dispatch membantah rumor perundungan itu, menilai bahwa Nam Joo-hyuk adalah "siswa teladan", perundungan tidak ada di sekolah tersebut, hingga budaya anak-anak sekolah untuk nongkrong adalah hal yang biasa.

Sebagian narasumber Dispatch bersedia diungkap namanya, sementara yang lain hanya berupa nama marga dan dirahasiakan sepenuhnya.

Gif banner Allo Bank

Sebanyak 20 sumber tersebut terdiri dari 3 teman kelas Nam Joo-hyuk semasa di Kelas 10 (1 SMA); 1 teman saat Kelas 11 (2 SMA); 2 teman saat Kelas 11 dan 12 (3 SMA); 4 teman saat di Kelas 12; 8 orang alumni sekolah tersebut, 1 wali kelas Nam Joo-hyuk saat di Kelas 10, dan 1 orang wali kelas di Kelas 12.

Menurut sumber Dispatch bermarga Shin yang merupakan teman sekelas 12, Nam Joo-hyuk semasa sekolah sama seperti anak pada umumnya yang gemar berkumpul bersama yang lain.

Sementara H dan L yang merupakan teman Nam Joo-hyuk semasa kelas 11 dan 12 menyebut sekolah mereka memiliki aturan yang ketat.

"Sekolah kami kala itu memiliki hukuman yang berat. Itu sangat ketat. Tak pernah ada gagasan kelompok perundung di sekolah. Teman macam apa yang merundung seseorang secara konsisten? Bila guru mendengar hal itu, itu bakal heboh banget," kata H dan L.

"Tak ada budaya perundungan di sekolah kami. Itu adalah sekolah di mana orang yang melakukan intimidasi akan diperlakukan sebagai orang aneh, begitu pula bila menciptakan suasana seperti itu," kata Y1 yang merupakan alumni.

Lanjut ke sebelah...

Klaim Soal Nam Joo-hyuk Tukang Suruh dan Adu Tarung

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER