Ari Lasso Beber Perubahan Gaya Hidup Usai Sembuh dari Kanker

CNN Indonesia
Kamis, 21 Jul 2022 07:00 WIB
Ari Lasso mengungkap sejumlah perubahan gaya hidup yang dilakukan selama masa pemulihan dari kanker. Ari Lasso mengungkap sejumlah perubahan gaya hidup yang dilakukan selama masa pemulihan dari kanker. (Foto: CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ari Lasso harus menerapkan gaya hidup baru usai dinyatakan sembuh dari kanker limfoma. Ia mengungkap sejumlah perubahan gaya hidup yang dilakukan selama masa pemulihan.

Salah satu perubahan yang paling dirasakan adalah tuntutan untuk mengatur pola hidup. Ia mengaku harus presisi dalam beraktivitas demi menjaga kesehatan.

"Semuanya harus presisi kalau aku sekarang. Tidur harus jam segini, makan harus [tepat waktu], sebelum makan ada obat yang harus diminum," tutur Ari Lasso di sela-sela acara Insert 19th Anniversary di TRANS Studio Theme Park Cibubur, Jawa Barat, Rabu (20/7).

Pelantun Misteri Ilahi itu juga lebih berhati-hati dalam aktivitas bermusik. Ia mengaku tidak terlalu memforsir tenaga dengan manggung terlalu sering.

Ari Lasso kini menyebut hanya tampil satu kali dalam seminggu, berbeda dari frekuensi manggung sebelum divonis kanker yang bisa mencapai 3-4 kali. Ia pun banyak mengisi waktu dengan olahraga ringan dan aktivitas-aktivitas penunjang lainnya.

"Sekarang maksimal [manggung] itu seminggu sekali. Dulu kan bisa kayak seminggu bisa 3-4 kali berturut-turut," tutur Ari Lasso. "Sekarang lebih fokus menata hidup, olahraga ringan, karena sendi-sendi masih sakit."

Tak hanya itu, perubahan gaya hidup bagi Ari Lasso amat terasa dari segi asupan makanan dan minuman. Solois 49 tahun itu saat ini masih mengonsumsi makanan dari program anjuran rumah sakit.

Ia pun mengaku tak lagi merokok, makan sambal, hingga minum minuman beralkohol maupun bersoda. Pilihan makanan dan minuman yang ketat itu disebabkan oleh efek kemoterapi yang berakibat ke pencernaan Ari Lasso.

"Sekarang saya masih [program] diet lambung dari rumah sakit. Makanan masih dari rumah sakit, masih katering sehat," kata Ari.

"Gaya hidup berubah total. Udah enggak merokok, minum minuman beralkohol atau soda, cuma minum air putih. Semua berubah total. Udah enggak makan sambal, atau yang aneh-aneh," lanjutnya.

[Gambas:Video CNN]



Kondisi kesehatan Ari Lasso diketahui sempat menurun beberapa waktu lalu. Ia sempat menderita kanker limfoma dan menjalani perawatan kemoterapi hingga dirawat di rumah sakit.

Mantan vokalis Dewa 19 itu juga sempat menjalani perawatan karena mengalami sakit di bagian lambung dan pencernaan pascakemoterapi beberapa waktu lalu.

Hingga kemudian Ari Lasso berhasil pulih dari penyakit tersebut dan kembali aktif manggung. Penampilan perdana Ari Lasso usai berjuang melawan sakit bertepatan dengan Allo Bank Festival 2022 yang digelar pada akhir Mei lalu.

Gif banner Allo Bank
(frl/pra)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER