Istri Beberkan Kondisi Kesehatan Eddy Gombloh Sebelum Meninggal

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 05 Agu 2022 13:40 WIB
Kondisi kesehatan Eddy Gombloh sebelum meninggal dunia terungkap. Istri membeberkan sang komedian sudah sakit sejak beberapa waktu lalu. Kondisi kesehatan Eddy Gombloh sebelum meninggal dunia terungkap. Istri membeberkan sang komedian sudah sakit sejak beberapa waktu lalu. Foto: Dok. Istimewa via Detikcom
Jakarta, CNN Indonesia --

Istri Eddy Gombloh mengungkapkan kondisi kesehatan sang komedian sebelum meninggal dunia pada Kamis (4/8). Martina Lubalu selaku istri mengatakan Eddy Gombloh sudah sakit sejak beberapa waktu lalu.

"Ia (Eddy Gombloh) menderita sakit sudah lama sekali, menjalar jantung tapi sekarang dari jantung menyebar ke paru2 ke ginjal dan ke hatinya," cerita Martina dalam video yang diunggah ke YouTube pada Kamis (4/8).

Dia mengungkapkan situasi kesehatan bintang yang sering bermain film dengan Benyamin Sueb itu memburuk setelah terpapar virus corona.

"Dokter, tim dokter sudah berusaha sekuat mungkin, tapi kan dia lebih parah waktu kena Covid. Dari Covid langsung enggak bisa jalan sampai sekarang."

Ketika sakit, kata Martina, Eddy Gombloh kerap mendapatkan perawatan di RS Sadjipto Yogyakarta, mulai dari rawat inap hingga rawat jalan untuk memulihkan kondisinya.

Namun, Eddy Gombloh meninggal dunia pada Kamis (4/8). Aktor dan komedian itu tutup usia ketika berusia 80 tahun. Martina mengungkapkan wasiat Eddy Gombloh kepadanya sebelum meninggal.

"Tapi sebelum meninggal dia minta dimakamkan di Jakarta," ungkap Martina.

"Ya sudah, kami sudah berusaha, semuanya sudah diusahakan tapi itu yang terbaik Tuhan berikan jadi dia sudah enggak sakit lagi."

Eddy Gombloh merupakan komedian asal Yogyakarta yang mengembangkan karier di Jakarta. Pada 80-an, ia menjadi salah satu komedian ternama Indonesia yang kerap bermain film bersama Benyamin Sueb dan Ateng.

[Gambas:Video CNN]



Namun, ketika kariernya di layar lebar mulai meredup, Eddy Gombloh memilih kembali ke kampung halaman.

"Iya dia mau pulang, mau pulang aja ke Yogyakarta karena dia sudah enggak kuat di Jakarta. Sudah enggak itu lagi, jadi dia pilih ke Yogya. Tapi sebelum meninggal dia minta dimakamkan di Jakarta."

CNNIndonesia.com belum dapat mengontak perwakilan Macul Channel selaku pemilik video dan keluarga Eddy Gombloh mengenai unggahan tersebut.

Eddy Gombloh meninggal dunia di RSUP Sargjito, Yogyakarta pukul 11.00 WIB, Kamis (4/8). Kabar duka Eddy Gombloh meninggal dunia dikonfirmasi Humas Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Evry Joe

"Beliau meninggal di Yogyakarta," kata Evry Joe.

"Penyakit menua."

Gif banner Allo Bank
(chri/Tim)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER