Top Gun Maverick Geser Capaian Box Office Titanic di Amerika

CNN Indonesia
Senin, 08 Agu 2022 23:40 WIB
Top Gun Maverick berhasil menggeser posisi Titanic sebagai film ketujuh terlaris dalam sejarah box office domestik Amerika Utara. Top Gun Maverick berhasil menggeser posisi Titanic sebagai film ketujuh terlaris dalam sejarah box office domestik Amerika Utara. (dok. Paramount Pictures/ Scott Garfield via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Top Gun Maverick masih terus mencetak pundi-pundi dan rekor meski telah lama tayang dari bioskop. Film Tom Cruise itu berhasil menggeser posisi Titanic sebagai film ketujuh terlaris dalam sejarah box office domestik Amerika Utara.

Menurut laporan Variety pada Minggu (7/8), sekuel Top Gun (1986) itu kini berhasil mendulang US$662 juta, lebih tinggi dari perolehan domestik Titanic (1997) sebesar US$659,3 juta.

Selain itu, Top Gun Maverick juga menjadi film Paramount Pictures terlaris sepanjang usia studio tersebut selama 110 tahun, menggeser Titanic yang sebelumnya bertahan selama seperempat abad.

Meski begitu, Titanic masih lebih unggul dibanding Maverick dari segi pendapatan di luar Amerika Utara. Film James Cameron itu mendulang US$1,5 miliar di pasar internasional dan US$2,2 miliar secara global.

Sementara dengan Top Gun Maverick, film ini telah mendulang US$690 juta di pasar internasional. Tanpa bermain di China dan Rusia, Maverick telah mengantongi US$1,3 miliar secara global hingga saat ini.

Top Gun: Maverick menjadi film kedua di era pandemi yang mencapai angka satu miliar dolar setelah Spider-Man: No Way Home (2021) yang mengantongi US$1,9 miliar.





Sementara itu, film ini juga merupakan film pertama Tom Cruise yang berhasil menembus US$1 miliar di box office global. Sebelumnya, film terlaris Tom Cruise adalah Mission: Impossible-Fallout (2018) sebesar US$791,1 juta.

Top Gun: Maverick menjadi sekuel pertama yang hadir 36 tahun setelah penayangan versi orisinal Top Gun (1986).

Film ini berfokus pada kisah Kapten Pete 'Maverick' Mitchell (Tom Cruise) yang kembali mengabdi kepada Angkatan Laut AS dengan melatih para pilot jet tempur muda nan berbakat untuk menjadi anggota di satuan Top Gun.

Dalam plotnya, Maverick harus melatih para pilot berbakat tersebut untuk menjalankan misi berbahaya dalam waktu yang cukup singkat.

Film Top Gun: Maverick disutradarai Joseph Kosinski dan dibintangi oleh Tom Cruise dan Val Kilmer yang kembali memainkan karakter mereka Maverick dan Iceman dari film orisinal 1986.

Ada pula beberapa karakter baru yang diperankan oleh Miles Teller, Glen Powell, Jon Hamm, dan Jennifer Connelly.

[Gambas:Youtube]



(tdh/end)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER