Keluarga: Olivia Newton-John Sakit Parah Sebelum Meninggal

CNN Indonesia
Kamis, 11 Agu 2022 07:30 WIB
Pihak keluarga mengungkapkan Olivia Newton-John sakit parah dalam lima hingga enam hari terakhir sebelum meninggal dunia pada Senin (9/8). Pihak keluarga mengungkapkan Olivia Newton-John sakit parah dalam lima hingga enam hari terakhir sebelum meninggal dunia pada Senin (9/8). Foto: (Getty Images via AFP/EMMA MCINTYRE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Olivia Newton-John disebut sempat begitu kesakitan akibat komplikasi sebelum meninggal dunia pada Senin (8/8). Keluarga mengatakan bintang Grease itu mengalami infeksi sekunder di tengah perjuangannya melawan kanker.

Keponakan Newton-John, Tottie Goldsmith, mengungkapkan kondisi itu membuatnya seperti sudah bersiap ketika melihat keadaan bibinya tersebut.

"Ini bukan kejutan, kami tahu betapa sakitnya dia, terutama dalam lima hari terakhir," kata Goldsmith seperti dikutip dari New York Post, Selasa (9/8).

Goldsmith mengatakan infeksi sekunder membuat Olivia Newton-John harus berjuang demi kesehatannya, selain bertarung melawan kanker yang ia derita selama ini.

"Bukan hanya kanker yang menyerangnya. Itu komplikasi lain. Berada di rumah sakit dengan sistem kekebalan tubuh yang sangat rentan," kata Goldsmith.

"Dia mendapat infeksi sekunder. Dia benar-benar sakit dalam lima-enam hari terakhir," sambung dia.

Infeksi sekunder adalah infeksi yang muncul bersamaan dengan infeksi sebelumnya akibat bakteri tertentu.

Dalam kesempatan itu, Goldsmith juga mengungkapkan Olivia Newton-John tampak sangat kurus dan tidak sehat dalam pertemuan terakhir mereka.

"Dia sangat kurus dan tidak sehat dan saya berkata kepadanya, 'Apakah kamu takut mati?' dan dia menjawab, 'Aku tidak takut. Aku telah melakukan banyak hal dalam hidupku dari yang pernah kubayangkan," tutur Goldsmith.

[Gambas:Video CNN]



Newton-John merupakan sosok yang terang-terangan menggunakan ganja untuk mengobati sakit kronis yang ia derita bertahun-tahun. Ia mengidap kanker stadium empat sejak usia 43 tahun dan telah menyebar hingga ke tulang-tulangnya.

Ia pada 2018 mengabarkan dirinya sedang mengobati kankernya yang sudah menyasar ke dasar tulang. Itu adalah diagnonis kanker ketiganya, setelah serangan kanker payudara di awal 1990-an dan pada 2017.

Februari lalu, Olivia Newton-John sempat bicara soal kematian di salah satu podcast Australia, A Life of Greatness.

Dalam acara itu, ia mengatakan percaya akan kematian. Ia berharap cinta dari orang-orang yang menyayanginya akan ikut bersamanya ketika saatnya tiba.

Gif banner Allo Bank

(blq/chri)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER