8 Permainan Tradisional untuk Lomba 17 Agustus, Egrang hingga Gasing

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 13 Agu 2022 07:10 WIB
Permainan tradisional untuk lomba 17 Agustus ini bisa dimainkan berkelompok maupun individu, dan cocok dimainkan di mana saja. Permainan tradisional untuk lomba 17 Agustus ini bisa dimainkan berkelompok maupun individu, dan cocok dimainkan di mana saja. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto/Adu gasing)
Jakarta, CNN Indonesia --

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap 17 Agustus selalu menjadi momen yang paling dinantikan. Sebab, masyarakat bisa memainkan permainan tradisional untuk lomba 17 Agustus.

Sebut saja, panjang pinang, tarik tambang, hingga congklak. Berbagai permainan tradisional Indonesia ini cocok dijadikan lomba 17 Agustus untuk anak-anak sampai dewasa.

Permainan tradisional ini cocok untuk lomba 17 Agustus berkelompok maupun individu. Permainan ini juga cocok dimainkan di mana saja, misalnya menjadi lomba 17 Agustus di sekolah, kampus, kantor, sampai lingkungan rumah.

Kendati permainan tradisional ini sudah ada sejak dulu dan bukan games 17 Agustus kekinian, namun permainan ini tetap bisa menjadi jenis lomba 17 Agustus yang menarik.

Selain menjadi lomba 17 Agustus yang unik, bermain permainan tradisional juga bisa sebagai upaya melestarikan budaya bangsa. Sebab, berbagai permainan untuk lomba tradisional 17 Agustus ini jadi dimainkan setiap tahun dan diteruskan ke anak dan cucu.


Jenis Permainan Tradisional untuk Lomba 17-an

Peserta mengikuti lomba panjat pinang kolosal dalam rangka HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta, Sabtu (18/8). Sebanyak 188 batang pohon pinang dengan beragam hadiah disediakan dalam lomba yang diikuti ratusan peserta tersebut. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/pd/18Ide permainan tradisional untuk lomba 17 Agustus. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Setidaknya ada 8 macam permainan tradisional yang bisa dibuat sebagai lomba untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus.

1. Panjat Pinang

Siapa tak kenal permainan tradisional panjat pinang? Permainan tradisional Indonesia ini kerap dimainkan saat peringatan Hari Kemerdekaan.

Bahkan, sering disebut sebagai panjat pinang 17 Agustus karena sangat identik dengan momen kemerdekaan. Padahal, permainan ini sudah ada sejak era penjajahan Belanda di Indonesia sebagai salah satu acara di tengah pagelaran pesta pernikahan.

Cara bermainnya, yaitu peserta perlu memanjat pohon pinang yang diberi cairan pelicin menuju puncak pohon untuk mendapatkan hadiah panjat pinang. Ukuran panjat pinang sekitar 8-10 meter.

Orang panjat pinang biasanya akan bertelanjang dada karena akan saling menaiki satu sama lain agar mencapai puncak pohon. Isi panjat pinang beragam, mulai dari pakaian, aksesori, alat tulis, kipas, sepeda, sampai televisi.


2. Bakiak

Sejumlah pelajar SD mengikuti lomba Bakiak di lapangan Syantalira Bayu, Aceh Utara, Aceh, Selasa (14/8). Serangkaian perlombaan yang digelar Forum Anak Pase Aceh Utara itu untuk memotivasi para pelajar pedalaman Aceh ÒCinta Tanah AirÓ dalam rangka menyambut sekaligus menyemarakkan HUT ke-73 Republik Indonesia. ANTARA FOTO/Rahmad/foc/18.Balap bakiak bisa jadi ide permainan tradisional untuk lomba 17 Agustus (ANTARA FOTO/Rahmad)

Balap bakiak juga populer menjadi lomba tradisional 17 Agustus. Ini termasuk permainan tradisional untuk lomba 17 Agustus yang unik.

Bakiak merupakan sendal dari kayu yang digunakan untuk tiga orang atau lebih. Cara bermain bakiak, yaitu kaki tiga orang atau lebih masuk ke pengait di sebuah papan panjang.

Lalu setiap orang harus menggerakkan kaki dengan kompak agar bisa berjalan. Sementara pada balap bakiak, setiap kelompok harus menjadi yang tercepat untuk sampai ke garis akhir.

Di Indonesia, bakiak berasal dari berbagai daerah. Namun, bakiak mulanya terinsipirasi dari bangsa Jepang dan China yang kerap menggunakan sendal kayu.


3. Egrang

Sejumlah peserta mengikuti lomba permainan geunteut (egrang) tradisional pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VII di Banda Aceh, Aceh, Kamis (9/8). Berbagai perlombaan tradisional seperti lomba enggrang tradisional, lomba catur tradisional dan gasing tradisional yang diikuti peserta dari 23 Kabupaten/Kota di Aceh dalam rangka memeriahkan kegiatan pekan kebudayaan Aceh akan berlangsung hingga 15 Agustus 2018. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww/18.Egrang bisa jadi ide permainan tradisional untuk lomba 17 Agustus (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Seperti bakiak, egrang juga merupakan permainan tradisional untuk lomba 17 Agustus yang menggunakan kayu atau bambu. Namun, ada perbedaan cara bermain egrang dengan bakiak.

Bila bakiak dimainkan secara kelompok, permainan tradisional egrang justru individu. Untuk bermain egrang, seseorang harus menaiki alat egrang, yaitu tongkat kayu atau bambu dengan pijakan kaki.

Nah, kaki penggunanya harus menaiki pijakan, lalu berdiri di atasnya dan kemudian berjalan sambil tangan memegang ke tongkat untuk penggerak sekaligus penyeimbang.

Di Indonesia, egrang berasal dari banyak daerah dengan nama yang berbeda-beda. Di Lampung misalnya, disebut egrang. Sementara di Sumatera Barat disebut tengkak-tengkak, di Jawa Tengah disebut jangkungan, dan di Kalimantan Selatan disebut batungkau.

Permainan tradisional untuk lomba 17 Agustus lainnya, lanjut halaman dua...

Permainan Tradisional untuk Lomba 17 Agustus

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER