12 Rekomendasi Film tentang Kemerdekaan Indonesia, Terbaru Kadet 1947

CNN Indonesia
Sabtu, 13 Agu 2022 01:30 WIB
Berikut rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia yang cocok untuk ditonton saat peringatan HUT RI 17 Agustus. Berikut rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia yang cocok untuk ditonton saat peringatan HUT RI 17 Agustus. (Temata Studios/Kadet 1947)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap 17 Agustus menjadi inspirasi tiada henti bagi industri perfilman. Salah satunya dengan memunculkan film bertema kemerdekaan Indonesia.

Berikut rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia yang telah CNNIndonesia.com rangkum untuk mengisi hari libur Anda di tengah peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77.

Beberapa di antara film ini merupakan film tentang penjajahan Belanda di Indonesia. Namun, ada juga yang mengisahkan tentang penjajahan Jepang di Tanah Air.

Sebagian film, ada yang hanya mengambil latar belakang masa penjajahan. Namun, ada juga yang merupakan film tentang perjuangan hidup pahlawan dan tokoh nasional dalam melahirkan kemerdekaan bagi Indonesia.

Beberapa di antaranya juga menyajikan film perang Indonesia terbaik. Berikut 12 rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia.


1. Merah Putih (2009)

Film Merah Putih (2009)Rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia, Merah Putih (Margate House Films)

Siapa yang tak tahu film Merah Putih? Ini merupakan salah satu film perjuangan Indonesia jadul yang cukup sering diputar saat Hari Kemerdekaan.

Film yang dibintangi Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, dan lainnya itu mengisahkan soal perjuangan Indonesia melawan Belanda saat Agresi Militer I.


2. Darah Garuda (2010)

Film ini merupakan kelanjutan dari Merah Putih yang sukses pada tahun sebelumnya. Para tokoh di film ini juga masih sama, namun menghadapi lika-liku konflik dan perjuangan yang berbeda.

Kali ini, Amir (Lukman Sardi) dan kawan-kawan melakukan perlawanan ke Belanda untuk membebaskan tawanan yang merupakan rakyat, termasuk anggota keluarga mereka.


3. Hati Merdeka (2011)

Sekuel ketiga setelah Merah Putih dan Darah Garuda ini melanjutkan kisah Amir (Lukman Sardi) dan kawan-kawan. Kali ini, Amir mengumumkan pengunduran diri dari Angkatan Darat dan membuat teman-temannya kehilangan sosok pemimpin.

Tomas (Donny Alamsyah) pun ditunjuk menjadi pemimpin baru. Film ini menghadirkan pertempuran para tentara di Bali menghadapi pasukan Kolonel Raymer.


4. Soekarno (2013)

Film Soekarno: Indonesia MerdekaRekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia, Soekarno (Arsip MVP Pictures/Mahaka Pictures)

Film karya sutradara Hanung Bramantyo ini mengisahkan tentang kehidupan Presiden ke-1 Indonesia Soekarno yang diperankan oleh Ario Bayu.

Dalam film ini, tergambar karakter Soekarno dan perjuangannya membawa kemerdekaan bagi Indonesia sampai akhirnya berhasil membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.


5. Jenderal Soedirman (2015)

Adipati Dolken berperan sebagai Jenderal Soedirman dalam film ini. Film biopik ini mengisahkan perjuangan Jenderal Soedirman dalam melawan penjajah.

Ia memimpin perlawanan dalam Agresi Militer II yang terjadi pada 1948. Berbagai suka duka perlawanan Soedirman ditampilkan dalam film ini.

Rekomendasi film tentang kemerdekaan Indonesia lainnya, lanjut halaman dua...

Rekomendasi Film tentang Kemerdekaan Indonesia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER