Farel Prayoga Ojo Dibandingke Dapat Penghargaan: Asyik Banget

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 19 Agu 2022 09:15 WIB
Ketika Farel Prayoga tampil dalam acara Kemenkumham bahkan diangkat menjadi duta, ia mengaku Ketika Farel Prayoga tampil dalam acara Kemenkumham bahkan diangkat menjadi duta, ia mengaku "asyik banget". (YouTube/Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyanyi lagu Ojo Dibandingke yang viral di media sosial, Farel Prayoga, tak bisa menutupi kegirangannya saat diberikan sejumlah penghargaan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Farel bahkan diangkat sebagai Duta Kekayaan Intelektual kategori Pelajar bidang Seni dan Budaya, dalam acara Malam Syukuran, Anugerah hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77, di Hotel Sultan Jakarta, pada Kamis (18/7) malam.

Dalam pengangkatan tersebut, bocah yang masih duduk di Kelas 6 SD itu dianggap berkontribusi dan "berhasil membuat lagu campur sari digemari anak muda".

Bukan hanya diangkat sebagai Duta Kekayaan Intelektual usai berhasil viral dan diajak tampil di Istana Negara, Farel juga diberikan Surat Pencatatan Ciptaan Seni Pertunjukan atas penampilannya di depan Presiden Joko Widodo pada Rabu (17/8) itu.

Ketika ditanya soal pengalaman tampil di Istana Negara, Farel mengaku grogi. Namun grogi itu hilang saat dirinya sudah mulai mendengarkan lagu. Kini, ketika ia tampil dalam acara Kemenkumham bahkan diangkat menjadi duta, ia mengaku "asyik banget".

"Ini asyik banget sih. Enggak grogi, enggak apa, asyik banget," kata Farel yang terus tersenyum usai diberikan penghargaan.

Selain Farel, penulis lagu Ojo Dibandingke, Abah Lala, juga diberikan penghargaan dan pengakuan hak cipta. Abah Lala diberikan Pernyataan Hak Penciptaan Lagu yang berlaku selama pencipta hidup hingga 70 tahun setelah meninggal dunia.

[Gambas:Video CNN]



Pengakuan untuk Abah Lala ini bahkan diteken langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly. Padahal biasanya ditandatangani oleh dirjen atau direktur hak cipta, tapi kali ini Yasonna sendiri yang meneken pengakuan tersebut.

"Jadi ini sudah hak kekayaan performance di Istana Negara. Ini teman-teman kalau sudah mau ambil, pakai, penampilan itu, bayar," kata Yasonna saat memberikan plakat hak cipta atas penampilan Farel di Istana Negara.

"Dia punya hak kekayaan intelektual, ada royaltinya. Nanti masuk LMKN, ya. Jadi jangan sembarangan kutip di YouTube," lanjutnya.

Sebelumnya, Farel menyanyikan 'Ojo Dibandingke' usai upacara pengibaran bendera. Suasana khidmat mengenang momen proklamasi kemerdekaan berubah jadi khidmat bergoyang mengikuti musik. Bahkan Iriana Jokowi pun turut berdiri dan berjoget kecil di samping Jokowi.

Tak cukup sekali, hadirin pun meminta 'encore'. Namun, karena persiapan hanya dilakukan untuk satu lagu, Farel urung menyanyikan lagu 'Joko Tingkir' dan kembali menyanyikan Ojo Dibandingke.

Abah Lala sang penulis lagu yang menangis haru menyaksikan pemandangan ini via ponsel pintar. Dalam sebuah video yang dibagikan di Reels Instagram, pria bernama asli Agus Purwanto ini mengaku bangga.

"Lagu saya yang berjudul 'Ojo Dibandingke' dinyanyikan di istana negara, spesial hari kemerdekaan Republik Indonesia. Disaksikan banyak warga Indonesia, mungkin dari mana saja. Saya melu bangga (turut bangga), melu seneng (turut senang), melu semangat (turut semangat) untuk Indonesia," katanya.

[Gambas:Youtube]



Gif banner Allo Bank

(end/end)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER