5 Fakta Menarik Film Emergency Declaration

CNN Indonesia
Minggu, 21 Agu 2022 11:53 WIB
Berikut fakta-fakta menarik mengenai Emergency Declaration, mulai dari set pesawat hingga audisi pemeran film Korea tersebut. Berikut fakta-fakta menarik mengenai Emergency Declaration, film Korea yang tayang 16 Agustus di bioskop Indonesia. Foto: (C-JeS Entertainment via KOFIC)

Casting Tanpa Henti

Emergency Declaration bisa dibilang menjadi film yang benar-benar bertabur bintang papan atas, seperti Lee Byung-hun dan Song Kang-ho yang namanya sudah dikenal di Barat.

Tak hanya mereka, bintang-bintang pemenang BaekSang Arts Awards, salah satu ajang penghargaan bergengsi di Korea Selatan juga tampil, seperti Kim Nam-gil, Jeon Do-yeon, dan Im Siwan.

Sutradara Han Jae-rim mengatakan proses casting berkelanjutan malah terjadi saat hendak mencari penumpang lainnya dalam pesawat. Proses itu menjadi "audisi yang tak terhitung jumlahnya" hingga syuting dimulai.

"Saya ingin semua penumpang terlihat seperti orang yang kita temui dan lihat dalam kehiduapn sehari-hari," kata Han Jae-rim, seperti diberitakan Korea JoongAng Daily.

"Setelah memilih wajah, kami beralih ke akting. Itu sebabnya kami butuh waktu lama untuk menyelesaikan pemilihan pemeran," cerita sang sutradara.

Pakai Model Boeing 777

Salah satu adegan yang paling disoroti Han Jae-rim adalah kekacauan dalam pesawat ketika pilot utama pesawat tersebut terjangkit virus dan mulai hilang kesadaran. Hal itu membuat pesawat menukik tajam sambil memutar.

Set tersebut ternyata dibuat menggunakan model awal Boeing diterbangkan dari Las Vegas ke Korea Selatan. Namun, itu sesungguhnya bukan rencana awal mereka.

"Kami telah merencanakan semuanya dengan kru yang kami sewa dari Inggris, karena itu adalah skala yang belum pernah terjadi sebelumnya: membuat satu set sebesar set pesawat untuk berputar. Namun semuanya batal saat pandemi melanda," ungkap Han Jae-rim.

Set Pesawat Emergency Declaration (2022)Sutradara mengungkapkan set pesawat Emergency Declaration dibuat dari model Boeing 777.  Foto: (C-JeS Entertainment via KOFIC).

Tim produksi kemudian berdiskusi dengan perusahaan yang fokus pada special effects dalam film dan mereka menyatakan siap membuat set seperti yang dibutuhkan Emergency Declaration.

"Kami harus membuat satu set pesawat yang bisa berputar 360 derajat [untuk menggambarkan kejatuhan secara realistis]," tuturnya.

"Kami sangat sadar akan keselamatan, pertama-tama kru aksi, staf, dan penumpang kami mengenakan tiga sabuk pengaman untuk menguji set dan perlahan-lahan membiasakan mereka dengan kecepatan putar."

Gif banner Allo Bank

Sinematografer Masuk Set

Han Jae-rim mengungkapkan adegan turbulensi dan rangkaian aksi tanpa henti dalam pesawat akan sulit terlihat realistis jika tim produksi banyak berada di dalam set pesawat.

"Jarak antara kursi begitu sempat dan membuat para aktor sulit berakting dan semua kru bisa masuk pesawat untuk mengambil gambar," ungkap sutradara film The Face Reader tersebut.

"Jadi untuk menggambarkan situasi bencana, kami membangun satu set gimbal. Demi tampilan nyata, sinematografer pergi ke set dan menangkap setiap karakter dengan kamera genggam," ungkap Han seperti diberitakan Korea Times.

Seluruh hal tersebut bisa disaksikan di bioskop. Film Emergency Declaration tayang sejak 16 Agustus di bioskop Indonesia.

[Gambas:Youtube]



(chri/chri)


[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER