Review Film: Emergency Declaration

Christie Stefanie | CNN Indonesia
Jumat, 19 Agu 2022 20:30 WIB
Review Emergency Declaration menilai film itu membuat imajinasi hingga ketakutan penonton terutama di kala pandemi menjadi liar. Review Emergency Declaration menilai film itu membuat imajinasi hingga ketakutan penonton terutama di kala pandemi menjadi liar. Foto: (C-JeS Entertainment via KOFIC)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menyaksikan Emergency Declaration di tengah pandemi membuat saya seperti ingin mengencangkan masker ketika berada di bioskop.

Tak hanya itu, film Korea bertabur bintang ini dengan amat baik bisa membuat penonton secara maksimal khawatir untuk kembali naik pesawat, bertahan di tengah pandemi, termasuk menurunnya kepercayaan kepada pemerintah.

Semua hal itu dikemas dalam film berdurasi 140 menit. Sutradara Han Jae-rim selaku penulis naskah memastikan Emergency Declaration menyajikan sesuatu yang baru di tengah begitu banyak jenis teror dalam penerbangan.

Teror kini tak lagi diberikan lewat aksi bersenjata, bom bunuh diri, atau hewan mematikan yang berada dalam pesawat. Para penumpang pesawat ditampilkan dalam bahaya akibat senjata tak kasat mata, yakni virus.

Salah satu hal yang membedakan film ini dengan teror di pesawat lainnya adalah sosok mastermind yang turun langsung untuk menyiapkan aksi hingga eksekusi, tanpa menyuruh pihak lain.

Film Korea Emergency Declaration (2022)Review film Korea Emergency Declaration (2022), sosok mastermind teror dalam film ini turun langsung untuk beraksi tanpa orang lain. Foto: (C-JeS Entertainment via KOFIC)

Tak hanya itu, Emergency Declaration juga banyak bermain dengan perasaan yang membuat film tersebut terasa seperti melodrama.

Sifat manusia untuk selalu menyelamatkan diri sendiri terlebih dulu dikapitalisasi dalam film tersebut. Bisa dibilang hal itu malah menjadi poin utama dalam film ini.

[Gambas:Video CNN]



Menyelamatkan diri sendiri tak lagi hanya hitungan personal, melainkan jumlah besar hingga sebuah negara yang melibatkan pemerintahan.

Han Jae-rim pun banyak menampilkan proses perdebatan antarmenteri atau pejabat sebelum mengambil keputusan. Ketika berdebat, setiap pejabat itu sama-sama mengklaim demi kebaikan warga, walau harus mengorbankan warga itu sendiri.

Lanjut ke sebelah...

Gif banner Allo Bank

Review Emergency Declaration

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER