Dianggap Menyesatkan, Drama Narco-Saints Dikecam Suriname

Tim | CNN Indonesia
Kamis, 15 Sep 2022 17:10 WIB
Suriname mengecam keras drama Korea Narco-Saints karena dianggap menyebarkan gambaran negara yang menyesatkan. Suriname mengecam keras drama Korea Narco-Saints karena dianggap menyebarkan gambaran negara yang menyesatkan. Foto: (Netflix/Cho Wonjin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Serial Narco-Saints menjadi titik perdebatan untuk hubungan diplomatik Korea Selatan dengan negara Amerika Latin Suriname.

Pemerintah Suriname mengancam akan mengambil tindakan hukum terhadap para produser serial tersebut atas hal-hal yang digambarkan dalam serial itu. Narco-Saints disebutnya memberikan gambaran negara yang menyesatkan.

Suriname mengeluh penggambaran negatif serial tersebut tentang negara sebagai pusat perdagangan narkoba tidak adil dan menempatkan negara pada posisi yang kurang menguntungkan.

"Suriname tidak lagi memiliki citra seperti yang muncul dalam serial itu atau tidak lagi berpartisipasi dalam praktik semacam ini," kata Menteri Luar Negeri, Bisnis Internasional, dan Kerjasama Internasional (BIBIS) Suriname Albert Ramdin dalam pernyataan yang dirilis di situs web pemerintah beberapa waktu lalu.

Dalam pernyataan itu, seperti diberitakan Korea Times pada Kamis (15/9), Albert menyadari aspek kebebasan berbicara harus diperhitungkan.

"Namun, ini (Narco-Saints) menciptakan persepsi negatif. Seluruh dunia melihat hal ini. Jadi, ini tidak baik."

Albert Ramdin juga menaytakan Suriname dalam beberapa dekade terakhir sudah berusaha memberantas praktik kriminal yang digambarkan dalam serial Korea yang dibintangi Ha Jung-woo, Park Hae-soo, dan Hwang Jung-min itu.

Ramdin mengatakan bakal mempertimbangkan mengambil tindakan hukum terhadap produser serial tersebut atas dugaan pencemaran nama baik serta melakukan protes diplomatik kepada pemerintah Korea melalui duta besar.



Tak hanya itu, ia selaku perwakilan pemerintah Suriname juga berencana mengirimkan surat protes kepada duta besar AS di Suriname atas dukungan Netflix terhadap serial tersebut.

Terpisah, Kementerian Luar Negeri Korea mengatakan "belum menerima keluhan resmi apa pun dari Suriname sejak serial itu ditayangkan."

Mereka juga mengatakan terus berusaha menjaga hubungan persahabatan dengan negara Amerika Latin itu.

Lanjut ke sebelah...

Peringatan Keselamatan Warga Korea di Suriname Akibat Narco-Saints

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER