Dianggap Menyesatkan, Drama Narco-Saints Dikecam Suriname

Tim | CNN Indonesia
Kamis, 15 Sep 2022 17:10 WIB
Suriname mengecam keras drama Korea Narco-Saints karena dianggap menyebarkan gambaran negara yang menyesatkan. Suriname mengecam keras drama Korea Narco-Saints karena dianggap menyebarkan gambaran negara yang menyesatkan. Foto: (Netflix/Cho Wonjin)

Namun, Kedutaan Besar Korea di Venezuela, yang juga bertanggung jawab atas hubungan dengan Suriname, menerbitkan peringatan keselamatan kepada warga Korea yang tinggal di Suriname di situs webnya.

"Kami memahami komunitas Korea di Suriname merasa malu karena kemungkinan dampak dari serial Netflix, Narco-Saints," tulis kedutaan besar Korea di Venezuela.

"Kami, staf kedutaan, sangat prihatin dengan keselamatan warga Korea dan akan melakukan yang terbaik untuk menjaga Anda tetap aman," bunyi pernyataan yang diposting di laman webnya.

"Harap waspada setiap saat ... Jika ada yang memiliki masalah yang menimbulkan kekhawatiran atau memerlukan bantuan, silakan hubungi kami melalui presiden komunitas Korea di wilayah tersebut," bunyi pernyataan itu.

Korea dan Suriname menjalin hubungan diplomatik pada 1975 setelah negara Amerika Latin itu memperoleh kemerdekaan dari Belanda. Kedutaan Besar Korea di Suriname mengundurkan diri dari negara itu pada 1993 dan menyerahkan tugas yang relevan kepada kedutaan besar di Venezuela.

Menurut platform analitik streaming FlixPatrol pada Kamis (15/9), Narco-Saints menempati peringkat nomor 3 secara global di antara serial TV Netflix.

Narco-Saints menjadi acara Netflix yang paling banyak ditonton di delapan wilayah termasuk Korea, Hong Kong, Singapura, dan Vietnam, sekaligus menjadi serial terpopuler ke-5 di AS.

Sementara itu, sutradara Narco-Saints Yoon Jong-bin disebut menolak mengomentari keluhan dari pemerintah Suriname. Netflix juga belum membuat pernyataan resmi tetapi "bersiap untuk membuat pengumuman."

[Gambas:Video CNN]




Narco-Saints mengisahkan seorang informan sipil yang bekerja sama dengan Badan Intelijen Nasional Korea untuk menangkap gembong narkoba Korea yang beroperasi di negara Amerika Latin.

Kisah dalam serial original Netflix tersebut berdasarkan kisah nyata pengedar narkoba Korea Cho Bong-haeng yang mengoperasikan organisasi perdagangan besar-besaran di sana dua dekade lalu dan ditangkap pada 2011.

Serial yang memiliki enam episode ini tayang pada 9 September di Netflix.

(chri/chri)
HALAMAN :
1 2
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER