Profil Hikaru Utada, Solois yang Jadi Inspirasi Serial First Love

tim | CNN Indonesia
Jumat, 25 Nov 2022 13:30 WIB
Dua lagu populer solois Hikaru Utada menjadi inspirasi serial Jepang terbaru di Netflix yang berjudul First Love. Foto: Brad Barket / Getty Images via AFP
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua lagu populer solois Hikaru Utada menjadi inspirasi serial drama Jepang terbaru yang berjudul First Love. Lagu First Love dan Hatsukoi menjadi landasan utama plot cerita serial Netflix tersebut.

Hikaru Utada sendiri merupakan solois asal Jepang kelahiran tahun 1983. Ia sudah berkiprah dalam industri musik sejak 1998, tepatnya ketika usianya masih 15 tahun.

Ia menelurkan album debutnya yang berjudul First Love pada 1999 dengan single A-side Automatic/Time Will Tell dan single Movin' On Without You. Lagu First Love dari album itu pun menjadi single keempat yang dirilis.

Album perdananya itu kemudian diikuti oleh empat album lainnya, yaitu Distance (2001), Deep River (2002), Ultra Blue (2006), dan Heart Station (2008).

Utada sempat hiatus yang diumumkan pada 9 Agustus 2010 lewat blog pribadinya. Ketika itu, Utada tidak tahu berapa lama ia akan rehat karena sudah bekerja keras sebagai solois sejak 15 hingga 27 tahun.

Ia mengutarakan niatnya untuk berkembang sebagai manusia dan butuh memperluas sudut pandang dan pengalamannya.

[Gambas:Video CNN]



Meski demikian, Utada tetap merilis beberapa karya ketika ia sedang hiatus, seperti single Hymne à l'amour (Ai no Anthem) pada 27 September 2010, hingga EP Utada Hikaru Single Collection Vol. 2 pada 24 November di tahun yang sama.

Utada comeback pada 2016 ketika ia merilis album bertajuk Fantôme. Tiga single dirilis sebelum albumnya dikeluarkan, berjudul Sakura Nagashi, Hanataba o Kimi ni, hingga Manatsu no Toriame.

Single Hatsukoi yang menjadi salah satu lagu inspirasi serial First Love, masuk ke dalam album bertajuk sama. Album tersebut rilis pada 27 Juni 2018 lewat Epic Records Japan.

Album Hatsukoi sekaligus merayakan 20 tahun Hikaru Utada berkiprah dalam industri musik Jepang. Selain itu, Utada juga baru saja menelurkan album terbaru bertajuk Bad Mode pada 19 Januari lalu.

Selain album Jepang, Utada juga pernah merilis album berbahasa Inggris. Tiga album bahasa Inggris yang pernah dirilis Utada bertajuk Precious (1998), Exodus (2004), dan This Is the One (2009).

Gif banner Allo Bank

Lanjut ke sebelah...

Penghargaan yang Pernah Diraih Hikaru Utada

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER