Anggrek hingga Pikok Hiasi Pelaminan Kaesang-Erina di Loji Gandrung

CNN Indonesia
Kamis, 01 Des 2022 07:22 WIB
Pelaminan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan bertabur banyak bunga dengan nuansa putih. Pelaminan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan bertabur banyak bunga dengan nuansa putih. (CNN Indonesia/ Tunggul)
Solo, CNN Indonesia --

Pihak pendekor acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono, Asmoro Decoration, menyebut pelaminan sang mempelai di Loji Gandrung, Solo, nanti akan banyak bertabur bunga.

Loji Gandrung akan menjadi lokasi acara ngunduh mantu yang dilaksanakan pada Minggu (11/12), setelah pada Sabtu (10/12), akad dilaksanakan di Royal Ambarukmo, Yogyakarta.

"Bunga-bunganya nanti ada bunga anggrek, casablanca, peacock, baby breath, dan material daun yang lain. Itu semua nuansa utamanya putih," kata Art Director Asmor Decoration, Pandji Vasco Da Gama, Rabu (30/11).

Bunga peacock atau pikok merupakan bunga yang masih satu kerabat dengan bunga krisan atau Chrysanthemum yang biasa digunakan di Indonesia, baik untuk dekorasi atau karangan bunga.

Sementara bunga casablanca diketahui masih sekerabat dengan bunga lily, dan bunga baby breath diketahui aslinya berasal dari kawasan Eurasia, Afrika, Australia, dan kepulauan Pasifik.

[Gambas:Video CNN]



Pandji mengakui bunga-bunga tersebut bukan varian bunga asli Indonesia, tapi sudah lama dibudidayakan secara lokal. Ia menyebut pihaknya menggunakan bunga-bunga yang dibudidayakan oleh petani di dalam negeri.

"Seperti casablanca, pikok ini kan dari luar. Tapi sudah bisa ditanam di Indonesia dengan mudah," kata Pandji.

Meski begitu, pemilik Asmoro Decoration, Ranu Asmoro menyebut pihak keluarga Joko Widodo meminta bunga anggrek wajib ada sebagai hiasan dekorasi mempelai.

"Dari keluarga itu cuma ada beberapa poin (permintaan khusus). Misalnya ibu kan senangnya dari dulu bunga anggrek. Nah, itu mesti ada," kata Ranu.

Dalam acara ngunduh mantu yang akan digelar di Loji Gandrung pada Minggu (11/12) nanti, tema yang akan dipilih adalah Mataram Islam.

Menurut Ranu, tema tersebut diambil karena latar belakang kedua mempelai, yakni Kaesang yang berasal dari Solo dan Erina yang berasal dari Yogyakarta. Sementara itu, Mataram Islam adalah cikal bakal Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.

Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono akan mengikat janji suci pernikahan di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, pada 10 Desember 2022.

Prosesi pernikahan keduanya akan dimulai pada 8 Desember, dimulai dari agenda semaan Al-Qur'an hingga midodareni.

Acara ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina akan digelar di Loji Gandrung yang merupakan Rumah Dinas Wali Kota Solo. Sementara itu, Pura Mangkunegaran hanya menjadi tempat pesta resepsi yang digelar setelah ngunduh mantu.

(syd/end)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER