Wejangan Istri Sultan HB X kepada Erina: Jaga Hati Demi Kebahagiaan

CNN Indonesia
Jumat, 09 Des 2022 13:00 WIB
Istri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Hemas, memberi wejangan kepada Erina Gudono sebelum menikah dengan Kaesang Pangarep pada Sabtu (10/12). Istri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Hemas, memberi wejangan kepada Erina Gudono sebelum menikah dengan Kaesang Pangarep pada Sabtu (10/12). (Foto: cnn indonesia/Adhi Wicaksono)
Yogyakarta, CNN Indonesia --

Istri Sultan Hamengkubuwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, memberi wejangan kepada Erina Gudono sebelum menikah dengan Kaesang Pangarep pada Sabtu (10/12) besok.

Hemas berkata Erina harus menjaga hati. Ia mempercayai hal tersebut sebagai kunci kebahagiaan dalam membina berumah tangga.

"Menjaga hati untuk kebahagiaan suami istri," kata Hemas di sekitar rumah Erina di Sleman, Yogyakarta, Jumat (9/12).

Selain itu, Hemas juga menyampaikan kepada Erina bahwa ia tetap harus menjadi anak berbakti kepada orang tuanya meskipun sudah memiliki suami.

Menurutnya, bakti Erina juga harus dilakukan terhadap orang tua Kaesang sebagai mertuanya.

"Yang penting Mbak Erina itu harus menjadi anak yang berbakti, baik kepada orang tua maupun kepada mertua," ujarnya.

Sebelumnya, GKR Hemas menghadiri prosesi siraman Erina. Ia menjadi salah satu sesepuh yang menyiram Erina menggunakan air tujuh sumber.

Prosesi siraman Erina Gudono yang berlangsung di kediamannya diliputi suasana haru. Suasana haru itu sudah muncul sejak sesi permohonan restu dan langkahan.

Prosesi dimulai dengan pemasangan bleketepe, lalu ke upacara majang pesarean, sungkeman, langkahan, lalu siraman, pemecahan kendi, dan potong rambut.

Ketika Erina muncul pertama kali di kamar untuk upacara majang pesarean, ia didampingi ibunya hingga GKR Hemas dan GKBRay Adipati Paku Alam X.

Kemudian Erina melakukan sungkeman kepada ibunya. Di sini, Sofiatun Gudono tak bisa menahan tangis saat memberikan restu kepada putrinya itu.

Usai memohon restu kepada ibunda, prosesi berlanjut dengan langkahan, yakni permohonan izin Erina kepada kakak-kakaknya karena menikah lebih dulu dan 'melangkahi' mereka.

[Gambas:Video CNN]



Suasana haru pun kembali terpancar ketika Erina memohon izin kepada Allen dan Nadya Gudono, dua kakak calon mempelai wanita.

Prosesi siraman ditutup dengan sungkeman antara Erina kepada ibu dan saudara kandungnya.

Setelah itu, Erina melangkah ke tahapan siraman dengan siraman pertama dilakukan oleh ibunya, Sofiatun, dan diikuti dengan sejumlah kerabat dan undangan termasuk GKR Hemas dan GBKRay Adipatu Paku Alam X.

Prosesi pernikahan Erina dengan Kaesang akan dilanjutkan nanti malam. Kaesang dan keluarga akan berkunjung ke rumah Erina untuk melakukan midodareni.

(dhf/pra)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER