Spare Cetak Rekor Dunia Penjualan Buku Nonfiksi, Kalahkan Obama

CNN Indonesia
Selasa, 17 Jan 2023 09:44 WIB
Berdasarkan data Guinness World Records, memoar Pangeran Harry bertajuk Spare menyalip capaian buku Barack Obama. Berdasarkan data Guinness World Records, memoar Pangeran Harry bertajuk Spare menyalip capaian buku Barack Obama. (AFP/Justin Tallis)
Jakarta, CNN Indonesia --

Spare, memoar Pangeran Harry, mencatat rekor dunia untuk kategori penjualan buku nonfiksi. Spare yang terbit pada 10 Januari lalu menjadi buku nonfiksi dengan penjualan tercepat sepanjang masa.

Berdasarkan pengumuman Guinness World Records, memoar Harry terjual 1,43 juta eksemplar pada hari pertama penjualan di Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada.

"Selamat kepada Pangeran Harry karena memoar 'Spare' telah menjadi buku nonfiksi dengan penjualan tercepat sepanjang masa," tulis akun resmi Guinness World Records via Twitter, Jumat (13/1).

Capaian itu melampaui rekor sebelumnya yang dipegang buku keempat Presiden AS ke-44 Barack Obama. Buku berjudul A Promised Land itu terjual hingga 887 ribu eksemplar saat terbit pada 2020.

Di sisi lain, pencapaian tersebut juga menjadi rekor bagi Penguin Random House selaku penerbit memoar Pangeran Harry. Penjualan hari pertama Spares tercatat jadi terbesar untuk buku nonfiksi yang pernah diterbitkan.

"Hari pertama penjualan Spare menunjukkan total penjualan hari pertama terbesar untuk buku nonfiksi manapun yang pernah diterbitkan Penguin Random House," tulis penerbit dalam pernyataan resmi.



Memoar Pangeran Harry berjudul Spare membahas berbagai hal terkait kehidupan Harry sejak kecil di lingkungan Kerajaan Inggris.

Hal itu meliputi bagaimana keluarga memelihara citranya di mata publik, perjalanan dinas militer ke Afghanistan, hingga menjadi suami Meghan Markle sekaligus ayah dari Archie dan Lilibet.

Spare juga mendapat reaksi positif dari pembaca meski memicu kontroversi sejak resmi terbit pekan lalu. Buku itu bahkan sudah menjadi perbincangan seiring dengan pengakuan Harry dalam memoar yang terungkap beberapa hari menjelang perilisan.

[Gambas:Video CNN]



Berdasarkan situs Goodreads, Spare mencatat rating rata-rata 4,12 dari skor total 5. Angka itu berdasarkan penilaian lebih dari 15 ribu pengguna terhadap buku tersebut.

Sementara itu, jadwal penerbitan Spare berjarak 18 bulan setelah Penguin Random House mengumumkan kesepakatan dengan Harry pada Juli 2021.

Buku tersebut semula dijadwalkan terbit 2022, tapi diundur karena Ratu Elizabeth II meninggal dunia 8 September 2022. Memoar Spare Pangeran Harry akhirnya resmi terbit pada 10 Januari.

(Tim/chri)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER