Efek Rumah Kaca Ungkap Alasan Gandeng Ucok Homicide di Rimpang

CNN Indonesia
Rabu, 25 Jan 2023 13:15 WIB
Personel Efek Rumah Kaca mengungkap alasan menggandeng Morgue Vanguard alias Ucok Homicide untuk mengisi salah satu lagu album Rimpang. Personel Efek Rumah Kaca mengungkap alasan menggandeng Morgue Vanguard alias Ucok Homicide untuk mengisi salah satu lagu album Rimpang. (dok. Efek Rumah Kaca)
Jakarta, CNN Indonesia --

Efek Rumah Kaca (ERK) siap meluncurkan album keempat yang diberi tajuk Rimpang pada 27 Januari mendatang. Salah satu lagu dalam album tersebut, berjudul Bersemi Sekebun, mengundang Morgue Vanguard alias Ucok dari grup musik Homicide sebagai kolaborator.

Drummer ERK, Akbar Bagus Sudibyo, mengaku bandnya itu mengagumi Ucok dan apa yang diperjuangkannya. Sehingga mereka memiliki keinginan mengajak rapper tersebut bekerja sama untuk album Efek Rumah Kaca.

Sehingga, para personel ERK memercayakan Ucok untuk mengisi lagu Bersemi Sekebun dengan lirik yang ia tulis sendiri.

"Kami fansnya beliau. Album-albumnya kami sering dengerin. Kami setuju dan senang juga sama apa yang dia perjuangkan, pendapat dia, dan kami seperti jalan bergerak bersama," jelas Akbar.

"Jadi, kami pengin suatu saat bisa mencoba [mengajak] beliau untuk ikutan di album kami. Ternyata di lagu Bersemi Sekebun itu, Ucok mau enggak isi. Untungnya dia mau," imbuhnya.

Ketika Ucok bersedia mengisi lagu Bersemi Sekebun, para personel Efek Rumah Kaca mengaku sempat galau. Alasannya karena mereka berseberangan genre musik-Efek Rumah Kaca dengan genre pop dan alternative rock, sedangkan Ucok jago di genre hip hop.

Namun, saat menerima kembali materi lagu Bersemi Sekebun yang sudah diisi oleh vokal Ucok, para personel Efek Rumah Kaca tak bisa membendung rasa kagum mereka terhadap hasil akhirnya.

"Begitu dikirim dengan isian vokal dia, wah, gila nih. Kok dia bisa. Memang dia yang bikin sendiri dan taruh beat-nya di situ. Itu 'kan perlu pengalaman bisa kayak gitu," kata Akbar.

"Tempo dia 'kan enggak segitu. Kami senang banget," lanjutnya.

[Gambas:Video CNN]



Album Rimpang menjadi karya penuh keempat milik Efek Rumah Kaca dan menjadi album pertama sejak Adrian Yunan hengkang sebagai bassist band tersebut.

Meski demikian, kehadiran Poppie Airil dan Reza Ryan memotivasi band bentukan tahun 2001 itu untuk lanjut berkarya. Rimpang mengikuti jejak tiga album sebelumnya, yaitu Efek Rumah Kaca (2007), Kamar Gelap (2008), dan Sinestesia (2015).

Berikut tracklist album Rimpang dari Efek Rumah Kaca:

1. Fun Kaya Fun feat. Suraa
2. Bergeming
3. Heroik
4. Tetaplah Terlelap
5. Sondang
6. Kita yang Purba
7. Ternak Digembala
8. Rimpang
9. Bersemi Sekebun feat. Morgue Vanguard
10. Manifesto

(pra/pra)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER