Pengungsi Dunia

Suriah Kini Pengirim Pengungsi Terbesar di Dunia

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 07/01/2015 13:01 WIB
Suriah Kini Pengirim Pengungsi Terbesar di Dunia Perang saudara dan juga aksi dari ISIS membuat warga Suriah menjadi pengungsi dan mencari suaka di negara lain. (Reuters/Stringer)
Jenewa, CNN Indonesia -- Suriah melewati Afghanistan sebagai negara dengan jumlah pengungsi terbesar di dunia kedua selain Palestina pada 2014.

PBB menyatakan bahwa hingga pertengahan tahun 2014, lebih dari tiga juta warga Suriah menjadi pengungsi di lebih dari 100 negara untuk menghindari perang di negara mereka.

Dengan demikian satu dari empat pengungsi di dunia yang mendapat bantuan dari badan pengungsi PBB, berjumlah total 13 juta, berasal dari Suriah.


Laporan badan pengungsi PBB menyebut bahwa angka ini adalah yang tertinggi sejak 1996.


Sementara itu, badan PBB lain bernama UNRWA membantu sekitar lima juta pengungsi Palestina.

“Selama masyarakat internasional gagal menemukan solusi politik dalam konflik-konflik yang terjadi dan mencegah konflik baru terjadi, dampak dramatis di sisi kemanusiaan akan terus terjadi,” ujar Antonio Guterres, komisaris tinggi PBB untuk pengungsi, dalam satu pernyataan tertulis.

Setidaknya 200 ribu orang tewas dan setengah dari penduduk Suriah terpaksa meninggalkan rumah mereka sejak konflik pecah pada Maret 2011 setelah aksi protes berubah menjadi perang saudara.

UNHCR mengatakan bahwa di seluruh dunia, diperkirakan 5,5 juta orang dipaksa meninggalkan rumah mereka pada enam bulan pertama tahun lalu, dan 1,4 juta diantaranya melarikan diri ke luar negeri.

Timur Tengah dan Afrika Utara menjadi wilayah utama asal pengungsi, mengambil alih posisi wilayah Asia dan Pasifik yang selama lebih dari satu dekade menduduki posisi puncak.

Pengungsi Afghanistan, kelompok terbesar dalam tiga dekade, turun ke tempat kedua dengan 2,6 juta orang berada di Pakistan dan Iran pada pertengahan tahun lalu.

Somalia berada di urutan ketiga dengan jumlah pengungsi hampir mencapai 1,1 juta orang.

“Dengan 257 pengungsi per 1.000 penduduk, Lebanon masih menjadi negara dengan angka kepadatan pengungsi tertinggi pada pertengahan 2014,” kata UNHCR yang menambahkan bahwa peringkat kedua ditempati oleh Yordania.

Swedia, dengan 12 pengungsi per 1.000 penduduk, menjadi satu-satunya negara industri yang masuk daftar negara dengan jumlah pengungsi terbanyak, di posisi 10.

Dalam enam bulan pertama 2014, warga Suriah juga menjadi pencari suaka terbesar di dunia dengan 59.600 permintaan.

Jerman dan Swedia sama-sama menerima 40 persen permintaan suaka ini.

Warga Irak yang melarikan diri dari konflik tetap berada di tempat kedua kelompok negara asal pencari suaka, dengan 28.900 permintaan.

UNHCR mencatat bahwa tahun lalu hampir 3.500 pengungsi tewas ketika mencoba menyebrangi laut Mediterania untuk menuju Eropa.

[Gambas:Video CNN] (yns)


ARTIKEL TERKAIT