WNI Diduga ISIS Ditangkap di Malaysia

Denny Armandhanu, CNN Indonesia | Sabtu, 26/09/2015 14:33 WIB
WNI yang ditangkap bersama seorang warga Malaysia dan Suriah itu dilaporkan sering pergi ke Yaman. Ilustrasi (CNN Indonesia/Laudy Gracivia)
Kuala Lumpur, CNN Indonesia -- Kepolisian anti-teror Malaysia menangkap tiga orang yang diduga merencanakan serangan di negara itu. Salah satunya yang ditahan adalah warga negara Indonesia, yang diduga terkait jaringan ISIS.

Diberitakan Bernama, Jumat (25/9), Wakil Inspektur Jenderal Polisi Malaysia Noor Rashid Ibrahim mengatakan, dua orang yang ditahan lainnya berkewarganegaraan Malaysia dan Suriah.

"Operasi penangkapan ini berkat informasi yang diperoleh dari tersangka yang ditahan sebelumnya, yang mengungkapkan rencana penyerangan aset-aset yang menjadi kepentingan negara, Barat dan wilayah publik," kata Noor Rashid.


Ketiga pria ini ditangkap di sebuah apartemen dekat Jalan Alor, Kuala Lumpur.

Media Malaysia meyakini rencana serangan ini merupakan pembalasan atas penangkapan 10 tersangka militan jaringan ISIS bulan lalu di Malaysia.

"Polisi masih menyelidiki untuk memastikan ketiga orang ini terlibat dalam rencana serangan di Malaysia," ujar Noor Rashid.

Kepolisian Malaysia belum mengungkapkan identitas WNI yang ditangkap ini. Noor mengatakan kepolisian Malaysia tengah mengumpulkan informasi dari polisi Indonesia terkait pria yang ditangkap.

Sebelum penangkapan dilakukan, Kedutaan Amerika Serikat telah mengeluarkan imbauan berkunjung bagi warga mereka ke Malaysia pada Kamis lalu, saat perayaan Idul Adha.

Kedubes AS mengatakan, imbauan itu dikeluarkan setelah mereka mendapatkan "informasi yang kredibel terkait potensi serangan teroris."

Imbauan yang sama juga dikeluarkan Kedutaan Besar Australia di Malaysia. (den)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK