Kecelakaan Dua Jet Militer Elite AS, Satu Pilot Tewas

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Jumat, 03/06/2016 10:00 WIB
Kecelakaan Dua Jet Militer Elite AS, Satu Pilot Tewas Ilustrasi pesawat F-16. (Purestock/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua jet militer elite Amerika Serikat mengalami kecelakaan dalam dua insiden terpisah pada Kamis (2/6), termasuk salah satunya yang baru saja digunakan dalam upacara wisuda Akademi Angkatan Udara di Colorado, di mana Presiden Barack Obama menyampaikan pidatonya.

Dalam kecelakaan pertama di Tennessee, seorang pilot Angkatan Laut dari skuadron Blue Angels tewas ketika jet F/A-18 yang ia kemudikan mengalami kecelakaan di Smyrna, sekitar 39 kilometer dari Nashville.

Menurut keterangan juru bicara AL AS yang dirujuk Reuters, kecelakaan itu terjadi sekitar 3 kilometer dari landasan pacu bandara saat Blue Angels sedang berlatih untuk pertunjukan akhir pekan mendatang. Kini, penyelidikan masih terus dilakukan.


Sementara itu di Colorado, jet F-16 milik skuadron Thunderbirds dari Angkatan Udara AS mengalami kecelakaan di sekitar 8 kilometer dari Pangkalan AU Peterson.

Pilot yang tak dipublikasikan identitasnya berhasil melontarkan diri dan diselamatkan oleh kru respons gawat darurat.

Juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, mengatakan bahwa helikopter militer yang digunakan untuk mengiringi perjalanan Obama menuju Pangkalan AU Peterson langsung diterjunkan menuju lokasi kecelakaan.

Agen Secret Service yang juga merupakan petugas medis gawat darurat ditugaskan untuk menangani sang pilot. Setelah pilot diterbangkan kembali ke Peterson, helikopter itu melanjutkan misinya mengiringi mobil Obama.

Setelah itu, Obama menjenguk sang pilot yang sudah dapat berjalan ketika presiden menghampirinya. Obama pun mengucapkan terima kasih kepada unit gawat darurat.

Penyebab kecelakaan belum diketahui, tapi AU AS memastikan bahwa penyelidikan akan terus dilakukan. (stu/stu)