Mesin Kapal Perang AS Senilai Rp4,7 Triliun Digerogoti Karat

Denny Armandhanu, CNN Indonesia | Rabu, 31/08/2016 14:58 WIB
Mesin Kapal Perang AS Senilai Rp4,7 Triliun Digerogoti Karat USS Freedom, kapal tempur pesisir senilai US$360 juta atau lebih dari Rp4,7 triliun yang mengalami karat di mesinnya. (AFP Photo/Lockheed Martin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapal-kapal perang Amerika Serikat boleh jadi adalah salah satu yang paling tangguh di dunia, dengan kecepatan dan persenjataannya yang canggih. Namun armada tempur laut ini bertekuk lutut bukan karena serangan musuh, tapi lantaran digerogoti karat.

CNN dalam tulisannya pekan ini mengatakan sedikitnya ada tiga kapal perang AS yang rusak. Terbaru adalah USS Freedom, kapal tempur pesisir senilai US$360 juta atau lebih dari Rp4,7 triliun yang mengalami kerusakan setelah air laut bocor masuk ke dalam sistem pendorong diesel pada 11 Juli lalu.

Menurut pernyataan Angkatan Laut AS, kebocoran terjadi akibat kebocoran pada katup mekanik pemompa air laut. Kebocoran ini terjadi saat USS Freedom ikut serta dalam latihan Rim of Pacific yang diikuti oleh 26 negara.


Akibat kerusakan ini, USS Freedom dikirim ke galangan kapal di San Diego untuk pembersihan air laut pada 13 Juli. Kapal ini kembali ikut dalam pelatihan, namun tidak lagi menggunakan mesin diesel, melainkan turbin gas.

Dalam pemeriksaan 3 Agustus lalu, kebocoran air laut diketahui menyebabkan karat parah dalam mesin. Akibatnya, USS Freedom harus turun mesin. Belum diketahui ongkos perbaikan tersebut.

USS Freedom bukan satu-satunya kapal perang AS yang mengalami karat. Sebelumnya kapal USS Fort Worth terpaksa dipulangkan dari Singapura untuk perbaikan mesin pada Januari lalu.

Biaya perbaikan mesin USS Fort Worth menghabiskan uang para pembayar pajak hingga US$23 juta, lebih dari Rp300 miliar.

Peristiwa ini membuat komandan Fort Worth, Michael L. Atwell dipindahtugaskan ke San Diego.

Pada 10 Desember tahun lalu, kapal USS Milwaukee mogok saat dalam perjalanan di Samudera Atlantik. Padahal kapal itu baru sebulan ditugaskan berlayar. Akibatnya kapal tersebut terpaksa harus diderek sejauh 65 kilometer ke Virginia.

Kerusakan ini menimpa kapal-kapal perang pesisir. Kapal jenis ini memiliki dua varian, yaitu monohull dengan lambung tunggal dan trimaran berlambung tiga.

Freedom, Fort Worth dan Milwaukee adalah kapal monohull, dengan draft kapal antara 4-5 meter dan kecepatan hingga 40 knot. Kapal ini dirancang untuk beroperasi di perairan pesisir atau wilayah dangkal. (stu)