Jet Tempur Rusia Intersepsi Pesawat AS di Laut Hitam

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Kamis, 08/09/2016 11:57 WIB
Jet Tempur Rusia Intersepsi Pesawat AS di Laut Hitam Ilustrasi. (Norwegian Air Force / SCANPIX / AFP PHOTO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jet tempur SU-27 milik Rusia melakukan "intersepsi tidak aman dalam jarak terlalu dekat" dengan pesawat Angkatan Laut Amerika Serikat di atas Laut Hitam pada Rabu (7/9).

Juru bicara Pentagon, Jeff Davis, mengatakan bahwa insiden yang berpotensi bahaya itu berlangsung selama 19 menit.

Seorang pejabat Washington mengatakan kepada CNN bahwa pada satu titik, jet Rusia terbang hanya berjarak 3 meter dari pesawat AS yang sedang melakukan operasi rutin di wilayah udara internasional.


"Aksi ini berpotensi meningkatkan ketegangan yang tidak perlu dan dapat menyebabkan kesalahan kalkulasi atau kecelakaan," kata Davis.

Ini bukan kali pertama pesawat Rusia melakukan intersepsi tak aman terhadap armada AS. Pada April tahun ini saja, ada dua kejadian terpisah, salah satunya ketika jet SU-27 milik Rusia melakukan "putaran barel" di dekat pesawat KC-135 AS yang sedang terbang di atas Laut Baltik.

Ketegangan antara AS dan Rusia di Laut Hitam sendiri memang terus meningkat, terutama setelah Moskow memulai pelatihan militer yang melibatkan 12.500 personel di Crimea.

Kementerian Pertahanan Rusia juga mengunggah sebuah video yang menunjukkan kru penerbang Rusia sedang latihan manuver intersepsi di Crimea.

Pencaplokan Rusia atas Crimea dari Ukraina dikecam oleh banyak pihak, termasuk AS. Pasca pencaplokan itu, hubungan kedua negara terus tegang, termasuk dalam masalah perbedaan kebijakan dalam perang sipil Suriah.

Insiden ini sendiri terjadi menjelang pertemuan antara Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, dan Menlu Rusia, Sergey Lavrov, untuk membahas konflik di Suriah. (ama)