Barack Obama Tiba di Bali

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Jumat, 23/06/2017 19:00 WIB
Barack Obama Tiba di Bali Presiden AS ke-44 Barack Obama tiba di Bali menggunakan pesawat jet carter Gulfstream N50JE. (REUTERS/Jonathan Ernst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama tiba di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, untuk berlibur bersama keluarganya selama lima hari mendatang.

Pesawat jet carter Gulfstream N50JE yang ditumpangi Obama mendarat di Denpasar sekitar pukul 18.52 Wita, Jumat (23/6).

Sesaat setelah mendarat, Obama disambut Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak, Kepala Polresta Denpasar Komisaris Besar Hadi Purnomo dan Komandan Pangkalan Udara Ngurah Rai Kolonel Penerbang Wayan Superman.


Didampingi istrinya Michelle, Obama kemudian memasuki mobil dan keluar melalui pintu sebelah timur di dekat Base Ops Pangkalan Udara Ngurah Rai, jalur yang sebelumnya dilalui Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud, saat bertandang ke Bali beberapa waktu lalu.


Dari bandara, mantan orang nomor satu di Pemerintahan Amerika Serikat itu kemudian langsung menuju Ubud, di Kabupaten Gianyar, tempat mereka menginap.

Komandan Korem 163/Wira Satya Kolonel Arh Gede Widiana sebelumnya mengatakan Barack Obama dan keluarga menginap di Hotel Four Seasons di Desa Sayan, Ubud.

Perjalanan ke Ubud dapat ditempuh sekitar 75 menit atau sekitar 40 kilometer dari bandara.

Terkait pengamanan di jalur darat, Widiana menegaskan dilakukan sesuai prosedur tetap, namun tidak akan ada penutupan jalan.

"Pengamanan jalur darat tidak ada, biasa saja, tidak ada penutupan tetapi sesuai prosedur tetap," ujarnya, dikutip Antara.


Dalam liburannya di Bali, selain mengajak keluarga inti, Obama juga mengajak saudari tirinya yakni Maya Soetoro dan keluarganya serta beberapa orang pengawal dengan total keseluruhan penumpang mencapai 14 orang.

Kunjungan ke Bali merupakan yang kedua bagi Obama setelah sebelumnya menghadiri KTT ASEAN tahun 2011 di Nusa Dua sebagai presiden Amerika Serikat.

Namun saat itu Obama tidak didampingi Michelle yang berhalangan hadir.

Rencananya Obama dan keluarga akan berlibur di Bali hingga 28 Juni 2017.

Belum diketahui objek wisata yang akan dikunjungi Obama dan keluarga mengingat kunjungannya di Bali merupakan agenda pribadi.