Kedua Menlu Bertemu, Korut Sebut Pendekatan Korsel Tak Tulus

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Senin, 07/08/2017 09:52 WIB
Kedua Menlu Bertemu, Korut Sebut Pendekatan Korsel Tak Tulus Menlu Korea Utara, Ri Yong-ho, menyampaikan langsung kepada Menlu Korsel, Kang Kyung-wha, bahwa Pyongyang menganggap ajakan berunding dari Seoul tak tulus. (Reuters/Jorge Silva)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Luar Negeri Korea Utara, Ri Yong-ho, menyampaikan langsung kepada Menlu Korsel, Kang Kyung-wha, bahwa Pyongyang menganggap ajakan berunding dari Seoul tak tulus.

Seorang sumber mengonfirmasi kepada Yonhap bahwa perbincangan itu terjadi saat kedua menlu bertemu di sela pertemuan ASEAN di Manila, Filipina, pada Senin (7/8).

Ri melontarkan pernyataan itu ketika Kang mendesak agar Korut segera menanggapi ajakan berunding Korsel untuk meredam ketegangan di perbatasan pasca uji coba ICBM Pyongyang dua pekan lalu.

Awalnya, Korsel memberikan tenggat waktu hingga pekan lalu. Karena Korut tak kunjung memberikan tanggapan, pembicaraan itu pun tidak terwujud.
Akibatnya, ketegangan di kawasan pun tak juga redam. Ketegangan ini memuncak setelah Korut melakukan uji coba ICBM yang diperkirakan dapat mencapai wilayah Amerika Serikat.

Perserikatan Bangsa-Bangsa pun akhirnya menjatuhkan sanksi tambahan atas Korut. Melalui resolusi itu, PBB akan memangkas nilai ekspor Korut hingga US$1 miliar atau setara Rp13,3 triliun.

PBB juga melarang seluruh ekspor batu bara, besi dan bijih besi, timah dan bijih timah, serta ikan dan makanan laut dari Korut. Secara keseluruhan, sanksi PBB akan memangkas sepertiga nilai ekspor tahunan Korut.