Pesepakbola George Weah Menang Pemilihan Presiden Liberia

Reuters, CNN Indonesia | Jumat, 29/12/2017 02:04 WIB
Pesepakbola George Weah Menang Pemilihan Presiden Liberia Mantan pemain sepak bola Gerorge Weah memenangkan pemilihan presiden Liberia dengan mengantongi 61,5 persen dari 98,1 persen surat suara yang dihitung. (AFP PHOTO / ISSOUF SANOGO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain sepak bola Gerorge Weah memenangkan pemilihan presiden Liberia. Weah yang pernah bergabung dengan klub Chelsea ini memenangkan 61,5 persen  dari 98,1 persen surat suara yang dihitung.

Sementara itu, pesaingnya, Joseph Boakai hanya mengantongi 38,5 persen suara.

Dikutip dari Reuters pada Jumat (29/12), pengumuman hasil pemilihan presiden tersebut dilakukan oleh Ketua Komisi Pemilihan Jerome Korkoyah.  Dia menyebut partisipasi pemilihan presiden putaran kedua ini mencapai 56 persen. 


Pendukung Weah menggelar arak-arakan  di sepanjang jalan ibukota Monrovia dan membunyikan klakson mobil untuk merayakan kemenangan tersebut.

Weah dibesarkan di perumahan kumuh Clara Town di Monrovia. Ia pernah bergabung dengan klub sepak bola AC Milan, Paris St Germain, dan Chelsea. Ia juga merupakan satu-satunya orang Afrika yang memenangkan Pemain Terbaik FIFA Dunia.

Ia akan menggantikan peraih nobel perdamaian yang menjabat sebagai presiden saat ini, Ellen Johnson Sirleaf pada bulan depan. Weah juga akan memimpin transisi demokrasi pertama di negara tersebut sejak 1944.

Liberia merupakan salah satu negara republik tertua yang dibebaskan dari perbudakan Amerika Serikat pada 1847. Perpindahan kekuasaan secara demokratis terakhir kali terjadi pada tahun 1944, sebelum diambil alih melalui kudeta militer pada 1880, dan perang sipil 14 tahun yang berakhir pada 2003.
(agi/agi)