Pria Malaysia Tampar Perempuan Diduga WNI karena Tak Berhijab

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Rabu, 17/01/2018 18:48 WIB
Pria Malaysia Tampar Perempuan Diduga WNI karena Tak Berhijab Ilustrasi. (Thinkstock/Ljupco)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pria Malaysia dilaporkan menampar perempuan diduga warga negara Indonesia karena tidak mengenakan hijab. Momen itu terekam dalam video yang tersebar luas di internet.

Berdurasi enam menit, video yang diunggah oleh pemilik akun Facebook bernama Mayy Maii Silalahi pada 5 Januari itu awalnya memperlihatkan seorang pria berteriak di hadapan sederetan perempuan di sebuah halte bus di Penang.

Sebagaimana dilansir Channel NewsAsia, pria itu menanyakan agama dari setiap perempuan di bangku halte tersebut, Muslim atau bukan.
Dia kemudian menunjuk salah satu perempuan yang mengaku Muslim, tapi tidak memakai hijab. The Independent memberitakan, perempuan itu diduga berasal dari Indonesia.


Tanpa ragu, pria itu menanyakan alasan perempuan tersebut tak menutupi kepalanya, sesuai dengan ajaran Islam.

Setelah perempuan itu menjawab bahwa dia tak memakai hijab karena alasan pribadi, pria tersebut malah menamparnya.

Perempuan lainnya yang ada di halte bus itu lantas bergerak untuk membela wanita tersebut. Namun, pria itu masih berupaya menghampiri orang yang dia tampar meski perempuan tersebut sudah menghindar.
Video ini terus disebar dan menjadi viral di media sosial, hingga menarik perhatian seorang selebriti Malaysia, Noor Neelofa Mohd Noor.

Neelofa kemudian mengunggah video itu di akun Instagram pribadinya dan mempertanyakan wajah Islam di Malaysia setelah insiden tersebut tersebar.

"Kami ingin orang tahu bahwa Islam adalah agama yang indah, toleran, dan menghargai. Ketika hal seperti ini terjadi, persepsi berubah dan reputasi Islam menjadi jelek," tulis Neelofa, sebagaimana dikutip Channel NewsAsia.

Melanjutkan pernyataannya, Neelofa menulis, "Tak ada agama di dunia mengajarkan penganutnya untuk menggunakan kekerasan. Sama sekali tak diajarkan dalam Islam." (has)