Kebakaran Rumah Sakit di Korsel, 33 Tewas

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Jumat, 26/01/2018 11:19 WIB
Kebakaran Rumah Sakit di Korsel,  33 Tewas Sedikitnya 33 orang tewas dan 70 lainnya terluka akibat kebakaran di Rumah Sakit Sejong di Miryang, Korea Selatan, pada Jumat (26/1). (ThinkStock/Ingram Publishing)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sedikitnya 33 orang tewas dan 70 lainnya terluka akibat kebakaran Rumah Sakit Sejong di Miryang, Korea Selatan, pada Jumat (26/1).

Kebakaran besar ini merupakan yang kedua kalinya terjadi dalam satu bulan terakhir di negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia.

Rumah sakit berlantai 6 tersebut juga memiliki panti jompo. Kepolisian mengatakan sebanyak 200 orang ada di rumah sakit itu saat kebakaran terjadi.


Pemadam Kebakaran Nasional mengatakan 13 orang terluka parah sementara 66 lainnya menderita luka ringan.

Petugas pemadam menuturkan korban tewas diprediksi masih bisa bertambah seiring dengan proses evakuasi yang masih berjalan.

"Dua perawat mengatakan api tiba-tiba muncul dan menjalar di ruang unit gawat darurat. Para korban sebagian besar merupakan pasien rumah sakit dan panti jompo. Beberapa di antara mereka tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit," ucap Kepala Pemadam Kebakaran Nasional, Choi Man-woo, sebagaimana dikutip AFP.

Choi mengatakan seluruh pasien rumah sakit telah dievakuasi keluar. Choi juga memaparkan bahwa timnya membutuhkan watku lebih lama mengevakuasi sebanyak 15 pasien unit perawatan intensif karena harus melalui pemantauan dan pendampingan staf medis.

Rekaman video yang diunggah di media sosial menunjukkan seorang pasien tengah dievakuasi oleh helikopter. Pasien tersebut diangkut menggunakan sebuah tali dari atas rumah sakit. Sementara sejumlah pasien lainnya merangkak keluar dari rumah sakit melalui jendela.

Para korban selamat dibawa keluar oleh petugas pemadam melalui lorong-lorong gedung yang telah hangus terbakar tak lama setelah api padam.

Presiden Moon Jae-in dilaporkan segera melakukan pertemuan darurat bersama para penasihatnya untuk membahas tindak lanjut penanganan insiden itu.

Kebakaran ini merupakan yang terburuk di Negeri Ginseng sejak 2008 lalu saat api melahap sebuah gudang di kota Incheon dan menewaskan 40 orang pekerja.

Insiden hari ini juga terjadi berselang sebulan setelah kebakaran melanda pusat kebugaran di Jecheon yang menewaskan 29 orang.

[Gambas:Video CNN] (nat)