Jokowi Bahas Infrastruktur Indo-Pasifik di KTT ASEAN

CNN Indonesia | Sabtu, 02/11/2019 16:10 WIB
Jokowi Bahas Infrastruktur Indo-Pasifik di KTT ASEAN Presiden Joko Widodo menghadiri KTT ke-35 ASEAN. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo akan menghadiri rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN yang berlangsung di Bangkok, Thailand pada Sabtu (2/11) hingga Senin (4/11).

KTT ini mengusung tema Advancing Partnership for Sustainability untuk memastikan kemitraan negara-negara anggota ASEAN an negara lain bagi keberlangsungan kemajuan.

Jokowi diagendakan akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pemimpin negara ASEAN untuk membahas pembangunan infrastruktur yang berkaitan dengan konsep Indo-Pasifik.


"Indonesia akan mengajak seluruh anggota ASEAN untuk bersama membangun infrastruktur yang berkaitan dengan konsep Indo-Pasifik sehingga memberikan dampak ekonomi yang baik kepada negara anggota ASEAN," ujar Kepala Biro Pers, Media,dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini melalui keterangan resmi.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa Jokowi juga akan membawa isu untuk memperkuat rasa saling percaya di antara negara anggota ASEAN.

Heru mengatakan Jokowi juga dijadwalkan melakukan beberapa pertemuan bilateral dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres. Hanya saja, tidak dirinci agenda yang akan dibahasa dalam dua pertemuan tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Sore nanti Presiden Jokowi direncanakan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden FIFA dan Sekjen PBB. Besok juga Presiden akan mengadakan pertemuan bilateral di sela pelaksanaan KTT," ucapnya.

Dalam kunjungannya Jokowi turut ditemani Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Turut serta dalam kunjungan tersebut Menteri Kabinet Indonesia Maju diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto; Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD; Menteri Luar Negeri Retno Marsudi; dan Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Selain itu juga ada Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono; Sekretaris Militer Presiden, Mayjen TNI Suharyanto; Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri, Andri Hadi; Komandan Paspampres, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak; Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin; dan Staf Khusus Presiden, M. Fadjroel Rachman.

"Sementara Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD dan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi telah lebih dahulu berada di Bangkok, Thailand untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri dan mempersiapkan kedatangan presiden," terang Heru.

Rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Hali Perdanakusumah, Jakarta Timur pukul 09.40 WIB, Sabtu (2/11). (rin)