Dua Orang di Kamp Pengungsi Rohingya Tewas Terinjak Gajah

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Jumat, 23/02/2018 09:49 WIB
Dua Orang di Kamp Pengungsi Rohingya Tewas Terinjak Gajah Ilustrasi. (AFP Photo/K M Assad)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua orang di kamp pengungsi Rohingya dilaporkan tewas terinjak gajah yang sedang berkeliaran di sekitar penampungan di Bangladesh pada Kamis (22/2).

"Gajah liar itu menginjak seorang anak Rohingya hingga tewas, kemudian menginjak satu pria Bangladesh hingga tewas ketika sedang dikejar oleh pengungsi Rohingya dan warga lokal," ujar kepala departemen kehutanan, Ali Kabir, kepada AFP.

Kabir mengatakan bahwa setidaknya lima orang lainnya terluka ketika gajah liar itu berlarian ke arah pondok bambu yang rapuh. Pondok itu sengaja dibangun di area hutan untuk menampung para pengungsi yang kehabisan tempat di kamp.
"Gajah itu menghancurkan sekitar 100 pondok Rohingya," ucap Mohammad Nikaruzzaman, pengelola lahan di sekitar kamp penampungan tersebut.


Selama ini, Cox's Bazar dikenal sebagai daerah dengan alam liar yang asri, di mana lebih dari 100 gajah tinggal. Dengan kondisi lahan seperti itu, para pengungsi kerap berhadapan langsung dengan hewan hutan.

Sejak gelombang pengungsi datang ke Bangladesh untuk menghindari konflik yang pecah pada Agustus tahun lalu, setidaknya 13 orang tewas terinjak gajah liar.
"Semua kamp pengungsi ini dibangun di atas lahan hutan. Semua kasus kematian itu terjadi di lahan yang awalnya memang merupakan hutan," tutur Kabir.

Para pengungsi memang terpaksa menebang pohon di sekitar kamp untuk membangun tenda baru karena Bangladesh mengaku tak sanggup lagi menampung mereka.

Mereka pun terpaksa berkemah di tempat terbuka yang terletak di sepanjang jalan raya sambil menunggu kedatangan truk-truk yang mengangkut bantuan kemanusiaan.  (has/has)