Bunuh Remaja Palestina, Polisi Israel Dipenjara 9 Bulan

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 26/04/2018 08:38 WIB
Bunuh Remaja Palestina, Polisi Israel Dipenjara 9 Bulan Ilustrasi. (Pixabay/Succo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengadilan Israel menjatuhkan hukuman sembilan bulan penjara atas seorang petugas kepolisian, Ben Deri, karena menembak seorang remaja Palestina hingga tewas pada 2014.

Putusan ini dijatuhkan setelah Deri dinyatakan bersalah atas tuduhan pembunuhan karena kelalaian. Deri juga diwajibkan membayar ganti rugi sebesar 50 ribu shekel kepada keluarga korban, Nadeem Nuwarah.

Nuwarah tewas pada 15 Mei 2014, sehari setelah bentrokan antara pengunjuk rasa Palestina dan pasukan Israel di Beitunia, Tepi Barat.
Cuplikan video yang ditayangkan CNN merekam momen ketika sekelompok petugas kepolisian perbatasan melepaskan tembakan ketika Nuwarah tertembak.


Rekaman ini bertolak belakang dengan keterangan Israel yang menyatakan bahwa personel mereka tak menggunakan senjata api.

Namun, dalam persidangan, Deri mengatakan bahwa ia salah mengambil amunisi dan langsung memasukkannya ke dalam senapan M-16, bukan peluru karet.
Hakim Daniel Teperberg menyatakan Deri bersalah karena lalai tak memastikan amunisi yang dimasukkan.

Organisasi Non-pemerintah Pertahanan untuk Anak Internasional (DCI) menyatakan hukuman ini terlalu ringan.

"Ini yang selalu terjadi hanya akibat seorang anak Palestina melempar batu," ujar Ayed Abu Qtaish kepada AFP.
Menurut DCI, seorang remaja lainnya juga tewas di lokasi dan kesempatan yang sama sekitar satu jam kemudian.

Namun, Deri diadili hanya untuk korban pertama. Keluarga korban kedua tak mengajukan tuntutan karena tidak percaya dengan sistem peradilan Israel. (has/has)