Pertemuan Trump dan Kim Jong-un Terancam, Korsel Turun Tangan

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 17/05/2018 20:39 WIB
Pertemuan Trump dan Kim Jong-un Terancam, Korsel Turun Tangan Ilustrasi. (REUTERS/Kim Hong-ji0
Jakarta, CNN Indonesia -- Korea Selatan berupaya untuk menghubungkan Amerika Serikat dan Korea Utara. Seorang pejabat kepresidenan Korsel mengatakan AS dan Korut tampaknya mengalami "sejenis perbedaan sikap" jelang pertemuan tingkat tinggi kedua negara.

Komentar ini dilontarkan setelah Pyongyang mengancam akan menarik diri dari pertemuan yang dijadwalkan digelar 12 Juni di Singapura dengan Presiden AS Donald Trump. Negara tersebut menyatakan tak akan hadir jika Washington terus menuntut pelucutan senjata nuklir secara unilateral.
Dikutip Reuters pada Kamis (17/5), kantor kepresidenan Korsel menyatakan pemerintah atau Presiden Moon Jae-in berniat untuk berperan lebih aktif sebagai mediator dalam beragam kanal antara Korea Selatan, Amerika Serikat dan Korea Utara.

Trump akan menjamu Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam pertemuan di Gedung Putih, 22 Mei ini. Keduanya diperkirakan akan membahas rencana tatap muka dengan pemimpin Korut Kim Jong-un.


Kantor presiden berniat untuk "mengambarkan (kepada Amerika Serikat) apa yang kami pahami soal posisi dan sikap Korea Utara melalui pertemuan 22 Mei," dan sebaliknya kepada Korut.

"Melihat pernyataan dan respons dari Korea Utara dan Amerika Serikat, kami memandang kedua pihak mempunyai sikap tulus dan serius," kata pejabat yang dikutip Reuters secara anonim itu.
Korsel berniat untuk meneruskan diskusi dengan Korea Utara untuk menggelar dialog tingkat tinggi yang dibatalkan pihak Pyongyang Rabu kemarin. Korut membatalkan rencana itu dengan alasan negara tetangganya masih menggelar latihan militer bersama AS.

Sementara itu, diplomat tertinggi China, Wang Yi, mengatakan langkah yang diambil Korut untuk meredakan ketegangan di Semenanjung Korea mesti dihargai, dan semua pihak, terutama Amerika Serikat, mesti memanfaatkan kesempatan berdamai.

[Gambas:Video CNN]

(aal)